Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri, Jawa Timur, mengungkapkan bahwa hasil tes kesehatan yang dilakukan tim medis RSUD Dr. Soetomo Surabaya menyatakan bahwa dua pasangan bakal calon Wali Kota dan bakal calon Wakil Wali Kota Kediri yang ikut kontestasi Pilkada 2024 mampu secara jasmani dan rohani.

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri Divisi Tehnis Adib Zaimatu Sofi mengemukakan berdasarkan kesimpulan dari majelis pemeriksa tim kesehatan, dua pasangan bakal calon Wali Kota dan bakal calon Wakil Wali Kota Kediri Vinanda Prameswati - K.H. Qowimuddin Thoha dan Ferry Silviana Feronica - Regina Nadya Suwono dinyatakan mampu secara jasmani maupun rohani.

"Kedua pasangan juga dipastikan tidak terindikasi pernah melakukan penyalahgunaan narkotika," kata Sofi di Kediri, Selasa.

Ia menambahkan, untuk selanjutnya, KPU Kota Kediri melaksanakan penelitian persyaratan administrasi kedua pasangan bakal calon kepala daerah tersebut. Jika dari hasil penelitian masih terdapat berkas yang kurang, segera dikomunikasikan dengan tim pasangan tersebut sehingga bisa dilakukan perbaikan.

"Sedangkan pemberitahuan hasil penelitian persyaratan administrasi akan dilaksanakan pada 5-6 September 2024," kata dia.

Untuk saat ini, hasil berkas pemeriksaan kesehatan baik jasmani dan rohani oleh tim medis dari RSUD Dr. Soetomo Surabaya juga sudah diterima secara resmi oleh KPU Kota Kediri.

KPU Kota Kediri telah menerima pendaftaran dua pasangan bakal calon kepala daerah, yakni pasangan bakal calon Wali Kota Kediri Vinanda Prameswati dengan bakal calon Wakil Wali Kota Kediri K.H. Qowimuddin Thoha atau Gus Qowim menjelang Pilkada 2024.

Pasangan ini didukung partai politik antara lain Partai Golkar, Partai Gerindra, PKB, Partai Hanura, PDIP, Partai Demokrat, hingga PKS. Selain itu, ada pula lima parpol nonparlemen yaitu Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), dan Partai Gelora.

Untuk pasangan yang kedua yakni pasangan bakal calon Wali Kota Kediri Ferry Silviana Feronica dan bakal calon Wakil Wali Kota Kediri Regina Nadya Suwono. Pasangan ini didukung PAN serta Partai NasDem.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024