Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mengadakan tes kesehatan bagi dua pasangan bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati di RSUD dr. Saiful Anwar Malang.

Ketua KPU Kabupaten Situbondo Hadi Prayitno mengemukakan dua pasangan calon yakni pasangan Karna Suswandi dengan Nyai Khoirani (Karunia) dan pasangan Yusuf Rio Wahyu Prayogo dengan Ulfiyah, yang menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan di RSUD dr. Saiful Anwar Malang.

"Hari ini kami di Malang, tahapan tes kesehatan bagi pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati sesuai jadwal dimulai sejak 28 Agustus hingga 2 September 2024," katanya saat dihubungi dari Situbondo, Jawa Timur, Jumat.

Menurut Hadi, KPU Situbondo mendapatkan jadwal pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani bagi masing-masing pasangan calon mulai hari ini.

"Alhamdulillah kedua pasangan bakal calon untuk pemilihan kepala daerah sudah mulai menjalani serangkaian pemeriksaan," tuturnya.
 
Pasangan bakal calon petahana Rio dan dan Ulfiyah foto bersama dengan komisioner KPU Situbondo sebelum tes kesehatan di RSUD dr. Saiful Anwar Malang, Jawa Timur. Jumat (30/8/2024) ANTARA/HO-Humas KPU Situbondo


Baca juga: KPU Situbondo terima dua pasangan calon hingga hari terakhir

Hadi Prayitno menjelaskan bahwa pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani menjadi salah satu syarat pencalonan bupati dan wakil bupati pada Pilkada Serentak 2024 yang harus dipenuhi.

Ia menambahkan, KPU Kabupaten Situbondo membuka pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati mulai Selasa (27/8) hingga Kamis (29/8) dan ada dua pasangan bakal calon yang resmi mendaftar ke KPU hingga hari terakhir tahapan pendaftaran.

"Saat ini kami juga masih melakukan verifikasi berkas pendaftaran kedua pasangan bakal calon sampai dengan penetapan calon yang akan dilakukan pada tanggal 22 September mendatang," ujar Hadi.

Informasi dihimpun ANTARA, pasangan calon Karna Suswandi dan Nyai Khoirani diusung dan didukung oleh Partai Gerindra, Partai Demokrat, Perindo, Gelora.

Sementara itu, pasangan calon Rio Wahyu Prayogo dan Ulfiyah diusung dan didukung Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB, Golkar, PDI Perjuangan, PPP, Nasional Demokrat atau NasDem, Hanura, PSI.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024