Ketua DPC Gerindra Kota Malang Moreno Soeprapto menyebut Wahyu Hidayat menjadi nama yang akan diusung sebagai bakal calon wali kota pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Moreno di Kota Malang, Sabtu, menyatakan Wahyu Hidayat juga sudah tercatat sebagai kader Partai Gerindra setelah resmi mundur dari jabatan sebagai penjabat wali kota setempat.
 
"Kami sudah mengerucut untuk N1 (Bakal Calon Wali Kota Malang) dengan Wahyu Hidayat, kebetulan memang beliau sudah di kader Gerindra," kata Moreno.

Perihal Bakal Calon Wali Kota Malang yang nantinya mendampingi Wahyu Hidayat kini sedang dilakukan pembahasan bersama partai koalisi.

Baca juga: Gerindra resmi usung Sanusi-Lathifah di Pilkada Kabupaten Malang

Moreno menyebut sudah ada dua partai yang siap bergabung, yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan NasDem.

Sedangkan, satu partai lainnya, yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS) masih dalam tahap komunikasi.

"Wakil sedang digodok, kami sudah ada PSI dan NasDem, sekarang komunikasi dengan PKS. Insya Allah menuju empat partai koalisi termasuk Gerindra," ujarnya.

Moreno menyebut salah satu kriteria bagi calon pendamping Wahyu Hidayat bisa datang dari kalangan milenial.

"Mungkin dalam waktu dekat akan ada deklarasi, kami harus menghitung betul dari segala aspek," tutur dia.

Terpisah, Ketua DPD PSI Kota Malang Achmad Faried menyatakan koalisi dengan Partai Gerindra untuk Pilkada 2024 sudah terbentuk tetapi langkah penentuan bakal calon wakil wali kota menunggu arahan dari DPP.

Baca juga: DPD Gerindra Jatim serahkan lima rekomendasi Pilkada 2024

Tak hanya itu, Faried menyebut akan lebih baik jika pembicaraan soal bakal calon N2 diumumkan setelah kesepakatan dengan partai koalisi.

"Gerindra memiliki kursi yang lebih banyak dari PSI, kami menghormati itu dan sebagai bentuk etika alangkah lebih baik kalau Gerindra yang berbicara," ucap dia.

Selain itu, Faried tak memungkiri jika ada kemungkinan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep yang akan menyerahkan rekomendasi pada pasangan Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Malang.

"Rencana Minggu depan, itu seperti road show ke beberapa daerah dari infonya dari Blitar, Kota Malang, Lamongan, sampai Madiun. Tetapi tanggalnya masih belum, jadi masih kemungkinan dan rekomendasi belum keluar," katanya.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024