Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur dan KPU Kabupaten Sumenep mendeklarasikan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 yang berintegritas, Rabu (31/7) malam.

Deklarasi tersebut bersamaan dengan pelaksanaan kirab maskot Pilkada Serentak 2024 di Jawa Timur yang dilaksanakan di depan Labang Mesem Pendopo Agung Sumenep.

"Kami sebagai penyelenggara Pilkada Serentak 2024 dan seluruh pemangku kepentingan menyatakan dan berkomitmen untuk melaksanakan pilkada yang berintegritas dan bertanggungjawab terhadap proses dan hasilnya," kata Ketua KPU Sumenep Nurussyamsi di Sumenep.

Malam itu, Syamsi, sapaan Ketua KPU Sumenep, didapuk untuk membacakan deklarasi pilkada serentak yang secara keseluruhan berisi empat poin.

Setelah itu, deklarasi tersebut ditandatangani oleh komisioner KPU Jawa Timur, KPU Sumenep, Bawaslu Sumenep, pejabat yang tergabung dalam pejabat forum pimpinan daerah, dan perwakilan pengurus/pimpinan partai politik (parpol) di Sumenep.

Sementara Komisioner KPU Jawa Timur Miftahur Rozaq berharap seluruh warga memanfaatkan hak pilihnya, baik dalam pemilihan gubernur-wakil gubernur dan pemilihan bupati-wakil bupati maupun pemilihan walikota-wakil walikota.

"Gunakan hak pilih untuk memilih pemimpin daerah yang terbaik. Jangan sampai tidak mencoblos," katanya di Sumenep, Rabu (31/7) malam.

Miftahur Rozaq berada di Sumenep untuk melanjutkan pelaksanaan kirab maskot Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur, "Si Jalih".

Sesuai jadwal tahapan dari KPU RI, Pilkada Serentak 2024 akan dilaksanakan pada 27 November.(*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024