Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, menjaring atlet lari melalui agenda "Situbondo Night Run" yang diikuti ribuan peserta mulia tingkat pelajar hingga pelari umum dari berbagai daerah di Indonesia.

Bupati Situbondo Karna Suswandi di Situbondo, Ahad, menjelaskan ajang "Situbondo Night Run" yang digelar pada Sabtu (27/7) malam diikuti atlet lari lebih dari seribu peserta dari berbagai provinsi di Indonesia.

"Dari 1.022 peserta lomba lari malam hari ini, sekitar 600 peserta adalah warga lokal (Situbondo) selebihnya merupakan atlet pelari dari luar provinsi," katanya.

Bupati Karna Suwandi mengaku bangga karena peserta lomba lari malam ini diminati peserta tidak hanya dari Situbondo, namun juga dari berbagai daerah di Indonesia.

Peserta dari luar daerah di antaranya berasal dari Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Gianyar (Bali), Buleleng (Bali), Aceh, Temanggung, dan hampir seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur juga ikut perlombaan tersebut.

"Artinya apa, ketika banyak orang luar yang datang ke Situbondo, maka ini akan memberikan dampak positif bagi roda perekonomian Situbondo," ujarnya.

Bupati berencana akan menjadikan "Situbondo Night Run" sebagai agenda tahunan, karena selain ingin lebih mengenalkan Situbondo ke daerah luar, juga sebagai ajang penyaringan bibit atlet lari di Situbondo.

"Insya Allah event ini akan menjadi agenda tahunan Pemkab Situbondo. Semoga tahun depan kami bisa kembali melaksanakan event yang lebih besar," ucap Bung Karn, sapaan akrabnya.

Lomba lari malam ini dibagi menjadi dua kategori, yakni kategori umum dengan jarak tempuh 10 kilometer dan kategori pelajar dengan jarak tempuh 5 kilometer.

Kategori umum dibagi menjadi dua, yakni peserta yang berasal dari beberapa daerah di Indonesia dan peserta yang berasal dari warga lokal Situbondo, sedangkan total hadiah yang diperebutkan yakni Rp85 juta.

Sementara itu, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Situbondo Deny Wahyu Pribadi mengemukakan bahwa agenda "Situbondo Night Run" ini bagus karena memberikan motivasi kepada atlet lari pemula.

"Selain itu, kegiatan ini mendukung KONI dan memudahkan melakukan penjaringan bibit-bibit atlet lari," katanya.*

 

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024