Polres Pamekasan, Jawa Timur mempersiapkan personel gabungan guna mengamankan kegiatan pengesahan anggota baru perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) yang digelar pada 20 hingga 21 Juli 2024.

"Ini kami lakukan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan," kata Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Pamekasan Kompol Bambang Hermanto usai menghadiri rapat koordinasi terkait persiapan kegiatan itu di Mapolres Pamekasan, Jumat

Pengesahan anggota baru PSHT Pamekasan kali ini melibatkan 182 orang.

Menurut Kabag Ops, kegiatan dipusatkan di Gedung Bakorwil IV di Jalan Slamet Readi Pamekasan pada Sabtu (20/7) malam hingga Minggu (21/7) pagi.

Sebelum acara puncak, kegiatan juga digelar di empat zona atau wilayah ranting pada 19 Juli 2024, yakni zona bagian barat dipusatkan di Balai Desa Palengaan Laok dengan jumlah peserta sebanyak 37 calon warga baru PSHT.

Selain itu, zona utara di kantor Kecamatan Batumarmar dengan 25 calon warga, zona tengah di Desa Bicorong Kecamatan Pakong dengan 53 calon warga, dan zona selatan di Kelurahan Gladak Anyar dengan jumlah 71 calon warga.

"Untuk kegiatan di empat zona atau ranting ini, kami menerjunkan personel dari Polsek dan Koramil setempat," kata Bambang.

Kemudian, pada Sabtu, 20 Juli 2024 pukul 12.00 WIB setelah penyembelihan ayam jago yang merupakan acara terakhir di ranting PSHT, calon warga di 4 zona bergerak menuju Bakorwil IV Pamekasan dengan pengawalan oleh Polsek setempat untuk mengikuti gladi bersih dan pada malam harinya mengikuti acara pengesahan.

Kabag Ops Kompol Bambang Hermanto menyarankan agar calon warga memakai baju kebesaran ketika sudah di tempat pengesahan, rombongan menggunakan roda demi ketertiban, keamanan dan kenyamanan serta menghindari adanya konvoi sepeda motor.

"Jumlah personel yang kami terjunkan untuk mengamankan kegiatan perguruan PSHT ini sebanyak 179 orang, terdiri atas 96 personel Polres Pamekasan, 5 personel Kodim 0826 Pamekasan, 5 personel dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), dan 10 personel dari Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkab Pamekasan," ujarnya.

Selain personel khusus yang menjaga keamanan, Polres Pamekasan juga menerjunkan sebanyak 60 personel di sejumlah titik menuju Kota Pamekasan untuk mengantisipasi terjadi konvoi kendaraan bermotor dari luar daerah, seperti Sumenep dan Sampang.


 

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024