Universitas Airlangga (Unair) Surabaya terpilih menjadi salah satu tuan rumah kompetisi olah raga mahasiswa se-Asia Tenggara yakni "ASEAN University Games (AUG) 2024" pada 25 Juni hingga 6 Juli mendatang.

"Alhamdulillah, kami sudah menyiapkan sarana dan prasarana secara koordinatif dengan kepanitiaan nasional," kata Direktur Kemahasiswaan Unair Prof M Hadi Subhandi Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Rabu.

Selain Unair, ada delapan perguruan tinggi yang akan menjadi tempat penyelenggaraan kegiatan dua tahunan itu, yaitu Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Surabaya (Ubaya), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Surabaya.

Sementara di Malang, AUG akan berlangsung di Universitas Islam Malang (UNISMA), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Brawijaya (UB), dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Nantinya, Unair akan menjamu enam negara yang akan berlaga pada cabang olahraga (cabor) judo dan basket 3x3. Kedua cabor ini masing-masing akan dilaksanakan di Airlangga Convention Center (ACC) dan Gedung Olahraga (GOR), Kampus MERR-C Unair.

"Ini menjadi kegiatan internasional karena melibatkan beberapa negara di Asia Tenggara. Dua cabang ini nantinya akan diikuti oleh enam negara," katanya.

Menjadi tuan rumah AUG adalah kali pertama bagi Unair. Untuk itu, kata Prof Hadi, segala persiapan telah Unair lakukan selama hampir satu tahun. Unair juga telah melakukan koordinasi dengan instansi lain yang terlibat dalam gelaran akbar ini.

Prof Hadi berharap gelaran AUG akan berjalan lancar tanpa kendala. Terlebih Unair tidak hanya berdiri atas nama perguruan tinggi, melainkan atas nama Indonesia.

"Di sini kami membawa nama baik Indonesia, tidak hanya Unair. Untuk itu kami  akan bersungguh-sungguh dan berharap kegiatannya akan berjalan lancar. Sejauh ini sudah secara maksimal dan tidak ada kendala berarti selama persiapan AUG,” tuturnya.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024