Wakil Bupati Sumenep, Dewi Khalifah meminta jamaah calon haji setempat memperbanyak konsumsi air Zamzam, buah-buahan dan sayuran sebagai upaya menjaga kondisi kesehatan tetap fit.

"Jaga kondisi tubuh tetap fit dan jangan sampai dehidrasi supaya bisa sempurna menjalankan semua rangkaian ibadah haji, karena informasi suhu di Mekah cukup panas mencapai 50 derajat Celcius," katanya ketika memberangkatkan jamaah calon haji Sumenep, Jumat.

Jamaah calon haji asal Sumenep sebanyak 898 orang yang tergabung dalam tiga kelompok terbang (kloter), yakni kloter 96, kloter 97, dan kloter 98.

Kloter 96 dan 97, masing-masing sebanyak 366 calon haji, sementara kloter 98 sebanyak 126 calon haji asal Sumenep dan merupakan kloter gabungan bersama Kabupaten Sampang dan Sidoarjo.

Pemberangkatan jamaah calon haji dengan naik bus ke Asrama Haji Sukolilo, Surabaya tersebut, dilepas oleh Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah dari kawasan Jalan Soetomo di Kecamatan Kota.

Kloter 96 dan 97 diberangkatkan pada Jumat dini hari pukul 01.00 WIB dan kloter 98 pada Jumat pagi pukul 10.00 WIB.

Nyi Eva, sapaan Wabup Sumenep itu, juga mengingatkan jamaah calon haji fokus melaksanakan rangkaian ibadah haji lebih dulu dan mengurangi kegiatan yang kurang perlu.

"Jangan dulu belanja ini dan itu dan harus fokus ibadah. Kami pun berharap para keluarga maupun kerabat jamaah calon haji tidak tergesa-gesa meminta dibelikan oleh-oleh ini dan itu. Pastikan dulu jamaah calon haji menyelesaikan ibadahnya," katanya, menambahkan.

Ia meminta warga Sumenep mendoakan bersama agar jamaah calon haji diberi kesehatan dan keselamatan, mulai dari berangkat hingga pulang dari Tanah Suci.

Informasinya, penerbangan kloter 96 dari Bandara Internasional Juanda Surabaya ke Jeddah dijadwalkan pada Sabtu (8/6) pukul 05.25 WIB.

Sementara kloter 97 pada Sabtu (8/6) pukul 07.25 WIB dan kloter 98 pada pukul 17.40 WIB.

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024