PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) meraih dua penghargaan bergengsi TOP CSR 2024 karena terus berupaya menerapkan standar lebih baik dalam praktik Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang holistik dan berkelanjutan.

Sekretaris Perusahaan (Sekper) PT SIER Jefri Ikhwan Ma’arif dalam keterangannya di Surabaya, Kamis, mengatakan ada tiga pilar yang digunakan untuk menerapkan standar tersebut yakni lingkungan, sosial dan ekonomi atau yang dikenal sebagai prinsip triple bottom line.

"Kami bersyukur, tahun ini SIER mendapatkan dua award bintang empat untuk perusahaan termasuk TOP Leader on CSR Commitment 2024, ini peningkatan dari sebelumnya mendapat bintang tiga berturut-turut selama tiga tahun," ucapnya.

Dalam aspek lingkungan, pihaknya telah mengambil langkah-langkah strategis guna mengurangi dampak operasional terhadap lingkungan dengan menerapkan energi hijau dalam rantai pasok di kawasan industri. 

“SIER telah menerapkan energi terbarukan solar panel, mendirikan SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) hingga mempromosikan pengelolaan limbah yang bertanggung jawab kepada para tenant,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT SIER Didik Prasetiyono mengatakan dengan diraihnya penghargaan ini bisa memantik semangat para karyawan untuk semakin memperluas dampak positif bagi masyarakat dalam mengintegrasikan tanggung jawab sosial dalam operasi mereka.

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung perjalanan ini, khususnya dedikasi dan kerja keras seluruh tim SIER dalam mengimplementasikan program untuk masyarakat yang inovatif dan berkelanjutan, masih perlu terus perbaikan," ujar Didik.

Pihaknya percaya bahwa penerapan TJSL berbasis ESG (Environtmental, Social and Governance) bukan hanya merupakan kewajiban moral, tetapi juga sebagai strategi bisnis. 

“Dengan mengintegrasikan prinsip-prinsip ESG dalam operasional kami, terbukti kami dapat meningkatkan kinerja finansial, mengurangi risiko, dan menciptakan nilai jangka panjang bagi pemangku kepentingan di kawasan industri yang kami kelola,” kata pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Himpunan Kawasan Industri (HKI) Indonesia tersebut.

Sementara, Ketua Penyelenggara TOP CSR Awards 2024 M Lutfi Handayani menjelaskan penilaian anugerah tersebut berbasis ketentuan ISO 26000, ESG dan strategi bisnis dari para kandidat pemenang.

“TOP CSR Awards ini merupakan kegiatan pembelajaran CSR sekaligus kegiatan penghargaan CSR terbesar dan paling membanggakan di Indonesia,” katanya.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024