Pemerintah Kota Batu menyalurkan 91,29 ton beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) Tahap II kepada masyarakat di wilayah tersebut, dalam upaya untuk stabilisasi harga komoditas tersebut.

Penjabat (Pj) Wali Kota Batu Aries Agung Paewai, Selasa, mengatakan penyaluran beras CPP tersebut merupakan upaya bersama untuk menstabilkan harga beras sekaligus memenuhi kebutuhan pangan keluarga penerima manfaat atau keluarga pra sejahtera.

"Penyaluran beras cadangan pangan pemerintah merupakan langkah untuk menstabilkan harga beras sekaligus memenuhi kebutuhan keluarga penerima manfaat akibat fluktuasi komoditas tersebut," kata Aries.

Aries menjelaskan, melalui penyaluran beras cadangan pangan pemerintah tersebut akan memperkuat berbagai langkah yang telah dilakukan Pemerintah Kota Batu dalam upaya untuk menstabilkan harga komoditas tersebut.

Menurut dia, langkah Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang telah berupaya untuk mengendalikan harga pangan dengan penguatan ketahanan pangan di desa dan kelurahan melalui pemanfaatan lahan pekarangan.

"Kemudian cek dan ricek distribusi pangan serta monitoring harga pangan yang dilakukan setiap hari," katanya.

Ia menambahkan, penyaluran beras cadangan pangan pemerintah tersebut akan dilakukan pada sejumlah desa pada 28 hingga 30 Mei 2024. Penyaluran dilakukan berdasar wilayah dan pada 28 Mei 2024 telah dilakukan penyaluran beras CPP di Kecamatan Junrejo.

Kemudian, pada 29 Mei penyaluran dilakukan di wilayah Kecamatan Batu dan pada 30 Mei 2024 di Kecamatan Bumiaji. Beras CPP tersebut disalurkan kepada 8.265 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tersebar di tiga kecamatan..

"Masing-masing keluarga penerima manfaat, masing-masing mendapatkan 10 kilogram beras," katanya.

Berdasarkan data dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu, pada 28 Mei 2024 disalurkan kepada tujuh desa dan kelurahan di Kecamatan Junrejo, dengan jumlah sebanyak 19,79 ton dengan jumlah penerima sebanyak 1.979 keluarga.

Kemudian, pada 29 Mei, akan disalurkan sebanyak 37,44 ton serentak di delapan desa dan kelurahan di Kecamatan Batu, dengan KPM jumlah terbanyak yaitu mencapai 3.744 keluarga, serta pada 30 Mei 2024 disalurkan secara serentak di sembilan desa Kecamatan Bumiaji.

"Penyaluran sebanyak 34,6 ton dengan jumlah KPM sebanyak 3.460 keluarga. Terdapat 2 desa yang mengalami penundaan penyerahan, yaitu Desa Junrejo dan Desa Tulungrejo, dijadwalkan pelaksanaan penyaluran beras CPP pada bulan Juni 2024," tuturnya.

Berdasarkan data Berdasarkan data Sistem Informasi Ketersediaan Bahan Pokok (Siskaperbapo) Jawa Timur, harga rata-rata beras kualitas premium di Kota Batu saat ini berada pada kisaran Rp14.000 hingga Rp17.000 per kilogram.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024