Sekolah SMA Muhamadiyah I Taman (Smamita) Sidoarjo melatih siswa menjadi seorang enterpreneur (pengusaha) salah satunya dengan berjualan hasil karya mereka dalam kegiatan bertajuk pasar karya 2024.
 
Kepala Sekolah Smamita Edwin Yogi Laayrananta saat dikonfirmasi di Sidoarjo, Rabu mengatakan kegiatan ini juga sebagai proyeksi kurikulum merdeka "Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila" (P5).
 
"Ada dua jenis yang dijual para siswa yaitu berjualan makanan dan minuman olahan untuk siswa kelas X, berjualan hasil kerajinan tangan untuk siswa kelas XI. Selain itu, ada juga pameran proyek ilmiah yang dilakukan oleh siswa kelas XII," ucapnya.
 
Ia mengatakan para siswa diberikan kebebasan untuk menentukan barang apa yang dibuat, baik itu kerajinan tangan, pembuatan tas, mainan atau yang lainnya.
 
"Pun demikian dengan bidang makanan diberikan kebebasan baik itu makanan kekinian, roti brownies atau juga yang lain," katanya.
 
Ia mengaku sebelum kegiatan ini berlangsung banyak di antara para siswa yang sudah menjajakan hasil karya siswa melalui media sosial dan juga aplikasi percakapan WhatsApp.
 
"Bahkan, saat mereka datang pada kegiatan ini barang-barang yang dijual tersebut sudah laku dibeli oleh teman dan juga rekan mereka sendiri," tuturnya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024