Pj Wali Kota Madiun Eddy Supriyanto menyatakan bahwa kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2024 tingkat SD/MI dan SMP/MTs di Kota Madiun, Jawa Timur menjadi wadah untuk mencari minat-bakat siswa di bidang olahraga.

"Ini merupakan kegiatan tahunan Pemkot Madiun, dimana Kota Madiun dikenal dengan pencak silatnya. Karena itu harapan kami melalui ajang ini bisa mewujudkan atlet-atlet pencak silat berprestasi ke depan," ujar Pj Wali Kota Eddy Supriyanto, saat apel pembukaan O2SN di halaman Dinas Pendidikan Kota Madiun, Selasa (21/5/2024). 

Dalam apel yang diikuti ratusan siswa-siswi peserta O2SN tersebut, Pj Wali Kota Eddy berharap hadirnya O2SN tersebut bisa mewadahi minat dan bakat para pelajar di Kota Madiun pada bidang olahraga. 

Seperti diketahui, Kota Madiun juga memiliki potensi besar akan dunia olahraga. Bukan hanya pencak silat, tetapi juga cabang olahraga yang lain. 

Ia berharap para atlet bisa memanfaatkan kegiatan dengan maksimal. Bukan hanya agar mencetak prestasi, tetapi ke depan bisa mengharumkan nama Kota Madiun di kancah yang lebih tinggi. 

"Melalui ajang ini diharapkan terbentuk adik-adik pelajar kita yang sehat, kuat, dan berprestasi, baik di tingkat provinsi, nasional, maupun internasional," katanya.
Pj Wali Kota Eddy Supriyanto didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun Lismawati membuka apel pembukaan O2SN 2024 tingkat SD/MI dan SMP/MTs di halaman Dinas Pendidikan Kota Madiun, Selasa (21/5/2024). ANTARA/HO-Diskominfo Kota Madiun

Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun Lismawati menyatakan meski apel pembukaan telah dilakukan, gelaran O2SN sendiri masih akan berlangsung pada 27 Mei nanti. 

"Kegiatan O2SN kali ini diikuti 388 atlet, baik tingkat SD/MI maupun tingkat SMP/MTs," kata Lismawati. 

Rinciannya, sebanyak 240 peserta tingkat SD/MI dan 148 peserta tingkat SMP/MTs. Gelaran O2SN tingkat SD terbagi menjadi enam cabang olahraga (cabor), yakni karate, atletik, bulutangkis, renang, senam, dan pencak silat. 

Sementara untuk tingkat SMP/MTs ada lima cabor, yakni karate, atletik, bulutangkis, renang, dan pencak silat.
 

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024