Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo memastikan tidak ada satu orang pun mendaftar sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan untuk Pilkada Serentak 2024.

Ketua KPU Kabupaten Situbondo Marwoto menyatakan bahwa sejak dibukanya pendaftaran bakal cabup-cawabup pemilihan kepala daerah sejak 8-12 Mei 2024 tidak ada yang mendaftar dan hanya ada seorang kepala desa konsultasi mengambil formulir pendaftaran.

"Sampai dengan hari Minggu (12/5) pukul 23.59 WIB kami tidak menerima kehadiran orang atau tim yang datang ke kantor KPU untuk mendaftar dari jalur perseorangan," katanya dalam konferensi pers di Situbondo, Senin.

Sebelumnya, KPU menerima kehadiran seorang Kepala Desa Curahcottok, Kecamatan Kapongan, Syamsuri dan konsultasi dan mengambil formulir pendaftaran untuk, tapi sampai dengan hari terakhir pendaftaran yang bersangkutan tidak menyerahkan syarat dukungan bakal calon dari perseorangan.

"Jadi kami nyatakan tidak ada pendaftar bakal calon bupati dan wakil perseorangan pada Pilkada 2024," ucap Marwoto.

Sementara itu, Divisi Teknis KPU Kabupaten Situbondo Iwan Suryadi menambahkan bahwa pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati bisa melalui jalur perseorangan dan diusung partai politik.

"Karena jalur perseorangan sudah ditutup dan tidak ada yang menyerahkan syarat dukungan perseorangan maka tinggal jalur partai politik yang akan dibuka pada tanggal 27-29 Agustus 2024," ujarnya.

Partai politik bisa mengusung bakal calon kepala daerah yakni yang mempunyai sembilan kursi parlemen atau 20 persen dari alokasi 45 kursi DPRD Situbondo. Bagi partai politik yang tidak mencapai sembilan kursi bisa berkoalisi hingga mencapai sembilan kursi.

Pendaftaran bakal calon bupati dan calon wakil bupati jalur perseorangan pada Pilkada Serentak 2024 harus mendapatkan dukungan minimal 7,5 persen dari daftar pemilih tetap (DPT).

Sedangkan, bakal calon kepala daerah perseorangan bisa mendaftar dan mendapatkan dukungan minimal sebanyak 38.612 pemilih dengan dibuktikan fotokopi KTP elektronik atau 7,5 persen dari jumlah dpt Situbondo 514.814 jiwa.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024