Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, telah mengirim dokumen rekapitulasi hasil Pemilu tingkat kabupaten ke KPU provinsi dengan pengawalan ketat personel kepolisian setempat.

Ketua KPU Kabupaten Situbondo Marwoto mengatakan, rekapitulasi penghitungan perolehan suara hasil Pemilu tingkat kabupaten berlangsung  29 Februari-2 Maret 2024.

"Setelah menyelesaikan rekapitulasi hasil Pemilu tingkat kabupaten, kami langsung bergeser ke Surabaya (KPU provinsi)," katanya saat dihubungi di Situbondo, Jawa Timur, Selasa.

Marwoto menyampaikan terima kasih kepada semua pihak keamanan dari unsur TNI/ Polri, dan Linmas yang telah memberikan pengamanan totalitas sehingga semua tahapan berjalan dengan aman dan lancar, dan selesai sesuai target.

"Rekapitulasi selesai sesuai target. Dari tanggal 29 Februari dan selesai 2 Maret 2024. Terima kasih khususnya kepada personel Polres Situbondo yang mengawal kami hingga sampai ke provinsi," kata Marwoto.

Baca juga: KPU Situbondo pastikan rekapitulasi hasil pemilu rampung Sabtu

Sejumlah personel Polres Situbondo melakukan pengawalan untuk mengamankan hasil rekapitulasi Pemilu 2024 dari KPU Situbondo menuju KPU Provinsi Jawa Timur. Polisi mengawal blangko model D hasil rekapitulasi hasil pemilu tingkat kabupaten.

Sementara itu, Kasat Samapta AKP Sudpendi mengatakan, pengamanan dan pengawalan tersebut untuk memastikan bahwa formulir D hasil yang merupakan hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat Kabupaten Situbondo sampai di Kantor KPU Provinsi Jawa Timur dengan aman.

"Alhamdulillah mulai pemberangkatan dari Kantor KPU Situbondo menuju Hotel Shangrila Surabaya, blangko model D telah diserahterimakan dari KPU Situbondo ke KPU Propinsi Jawa Timur dengan aman," ujar dia.

Data diperoleh, perolehan suara pemilihan presiden dan wakil presiden di Kabupaten Situbondo, untuk pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 156.087 suara, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebanyak 233.277 suara dan nomor urut 3 Ganjar-Mahfud mendapatkan 36.118 suara.

Daftar pemilih tetap atau DPT di Situbondo sebanyak 514.814 orang.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024