Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto, Jawa Timur, semakin berkomitmen dalam memberikan pelayanan publik yang cepat, efisien, dan berbasis digital menyusul capaian indeks sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) yang terus meningkat.

Pj Wali Kota Mojokerto Ali Kuncoro di Mojokerto, Senin, mengatakan berdasarkan keputusan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Menpan RB) Nomor 13 tahun 2024 tentang Hasil Evaluasi SPBE, indeks SPBE Kota Mojokerto mencapai angka 4,26 dengan predikat "Memuaskan" dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya berada di angka 2,92 pada 2021 dan 3,32 di tahun 2022.

"Alhamdulillah atas upaya dan kerja keras segenap jajaran, indeks SPBE Kota Mojokerto naik signifikan dalam 3 tahun terakhir. Ini menunjukkan bagaimana digitalisasi layanan pemerintahan secara umum sudah berjalan efektif dan efisien," katanya.

Ke depan, upaya terus dilakukan Pemkot Mojokerto dengan menggalakkan inovasi digital dalam tata kelola pemerintahan dan pelayanan masyarakat.

Baca juga: Pemkot Mojokerto bantu pembangunan rumah korban kebakaran

"Salah satunya, dengan menggelar lomba inovasi daerah Mojo Indah (Mojokerto Inovasi Daerah) tahun 2024. Kompetisi tersebut tidak hanya menargetkan setiap organisasi perangkat daerah (OPD )di lingkungan Pemkot, melainkan juga mengajak masyarakat umum untuk turut andil menciptakan inovasi," katanya.

Sebelum keluar capaian indeks tersebut, Pemkot Mojokerto harus mengikuti rangkaian evaluasi yang dilakukan oleh tim dari KemenPAN-RB RI, di antaranya yaitu penilaian dokumen, wawancara, dan visitasi. Penilaian tahap terakhir (visitasi) sendiri tidak berlaku di seluruh daerah yang berpartisipasi dalam penilaian SPBE.

Dari ratusan daerah, Pemkot menjadi salah satu instansi pemerintahan daerah di antara 28 lokus visitasi terpilih. Penilaian visitasi berlangsung pada 1 Desember 2023, yang mana tim penilai terdiri atas akademisi perguruan tinggi sebagai penilai eksternal, dan Tim Koordinasi SPBE Nasional (KemenPAN-RB).

"Ini adalah kabar baik di awal tahun 2024. Semoga menjadi motivasi agar capaian SPBE tahun ini lebih meningkat lagi," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024