Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto, Jawa Timur, membantu pembangunan rumah korban kebakaran di Mentikan Gang 1, Kelurahan Mentikan, Kecamatan Prajuritkulon pada Sabtu (13/1) malam.

"Insya Allah bantuan dari Pemkot sudah bisa dicairkan. Kami sudah survei dan langsung lanjut proses administrasi," kata Pj Wali kota Mojokerto, Moh. Ali Kuncoro, dalam keterangan resmi, Senin.

Ia mengatakan hal tersebut sebagai langkah tanggap yang diambil Pemkot Mojokerto.

Sebagaimana dalam kunjungan langsungnya di lokasi kebakaran, sosok yang akrab disapa Mas Pj ini telah mengungkapkan jika pemkot akan membantu untuk membangun kembali rumah milik Avita Meta Ovilio ini.

Baca juga: Pj Wali Kota Mojokerto apresiasi respons cepat 112 tangani kebakaran

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh tim Dinas PUPR Kota Mojokerto, didapati keadaan rumah termasuk dalam kategori terkena bencana kebakaran total. Sehingga, Pemkot Mojokerto menyalurkan bantuan senilai Rp21 juta berupa material dan upah tukang.

Selain itu, kata Ali, pihaknya siap membantu pengurusan jika ada dokumen penting yang ikut terbakar. Ia berharap agar korban segera dapat membuat laporan, untuk kemudian dibantu berkoordinasi dengan OPD terkait.

"Ini adalah sebuah ujian yang menimpa saudara kita. Sehingga kami pun, berupaya optimal untuk membantu meringankan ujian tersebut. Semoga nanti setelah bantuan diserahkan, pembangunan dapat berjalan lancar dan kembali berdiri rumah yang nyaman bagi Bu Ovi dan keluarga," tutur Mas Pj.

Kebakaran pertama kali diketahui berdasarkan panggilan masuk yang diterima oleh petugas Call Taker 112 pada pukul 20.34 WIB.

Tidak lama, sebanyak tiga mobil pemadam kebakaran (damkar) kemudian didatangkan untuk menjinakkan si jago merah. Selain itu juga diterjunkan petugas PSC 119, Prameswari Mentikan, dan petugas PLN untuk mengatasi kondisi kegawatdaruratan yang ada.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024