Kepolisian Resor (Polres) Malang menyiapkan belasan pos pengamanan saat masa libur akhir tahun dalam upaya untuk mendukung pelaksanaan Operasi Lilin Semeru 2023 pada 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.

Kepala Seksi Humas Polres Malang Ipda Muhammad Adnan di Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat, mengatakan belasan pos tersebut terbagi atas Pos Pengamanan, Pos Pelayanan, dan Pos Pengamanan Wisata yang tersebar di wilayah tersebut.

"Kami telah menyiapkan Pos Pengamanan, Pos Pelayanan, dan Pos Pam Wisata guna menunjang pelaksanaan pengamanan Operasi Lilin Semeru 2023," kata Adnan.

Pos-pos untuk menunjang pelaksanaan operasi dan memudahkan koordinasi serta pelayanan kepada masyarakat tersebut mencakup lima Pos Pengamanan, satu Pos Pelayanan, dan 13 Pos Pengamanan Wisata.

Menurut Adnan, Pos Pengamanan tersebar di beberapa titik strategis, seperti Pos Pasar Lawang, Pos Kepuharjo Karangploso, Pos Pasar Tumpang, Pos Simpang Tiga Kebonagung, dan Pos Jalur Lintas Selatan (JLS) Bantur.

"Sementara itu, Pos Pelayanan berada di Pos Karanglo, Singosari," tambahnya.

Kemudian, Pos Pengamanan Wisata disiapkan pada sejumlah daerah tujuan wisata, seperti Kebun Teh Singosari, Gubug Klakah Poncokusumo, Bendungan Sutami Sumberpucung, Hawai Waterpark Singosari, dan wilayah Sengkaling Dau.

Selanjutnya, juga di kawasan Wendhit Pakis, Sumbermaron Pagelaran, Pantai Teluk Asmara Sumbermanjing Wetan, Lembah Indah Ngajum, Pantai Balekambang, Pantai Kondangmerak Bantur, wisata alam Bon Pring Sanankerto, serta Masjid Tiban Turen.

"Pos-pos ini akan berfungsi sebagai pusat informasi dan tempat istirahat bagi masyarakat yang melakukan perjalanan selama libur Natal dan Tahun Baru," jelas Adnan.

Pada pos-pos tersebut, lanjutnya, ada sejumlah fasilitas yang disiapkan, seperti fasilitas pelayanan kesehatan yang terdapat ambulans untuk membantu kesiagaan dalam melayani masyarakat pada masa libur akhir tahun.

Dalam Operasi Lilin Semeru 2023 tersebut, sebanyak 194 personel gabungan dari Polres Malang dan polsek jajaran akan dilibatkan dalam pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di seluruh wilayah Kabupaten Malang.

Selain itu, dilibatkan pula unsur TNI dan instansi terkait lain dalam operasi tersebut. Adnan mengatakan puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada 22-23 Desember 2023 dan 29-30 Desember 2023. Sementara itu, arus balik diperkirakan pada 26-27 Desember 2023 dan 1-2 Januari 2024.

Guna mengantisipasi lonjakan arus lalu lintas, Polres Malang menerapkan rekayasa lalu lintas yang disesuaikan dengan hasil traffic counting pada Operasi Ketupat 2023.

"Kami akan menerapkan rekayasa lalu lintas, seperti contraflow dan one way sesuai dengan strategi traffic counting yang sudah pernah dilaksanakan pada Ops Ketupat 2023," ujar Adnan.

Polisi mengimbau para pemudik melaporkan rumah yang ditinggalkan kepada kantor polisi terdekat guna memudahkan pendataan dan pelaksanaan patroli selama operasi berlangsung.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023