Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Cabang Madiun, Jawa Timur memastikan stok beras aman selama momentum Hari Raya Natal 2023 hingga Tahun Baru 2024.

Pemimpin Cabang Perum Bulog Madiun Rizal P Sukmadijaya di Madiun, Rabu, mengatakan ketersediaan beras saat ini di gudangnya mencapai sebanyak 4.000 ton dan sangat aman untuk kebutuhan masyarakat hingga setelah tahun baru.

"Stok beras di Bulog Madiun aman. Kami imbau masyarakat tak perlu resah karena persediaan beras cukup untuk penyaluran bantuan pangan dan SPHP serta menghadapi momentum natal dan tahun baru," ujar Rizal saat dihubungi.

Menurut dia, stok tersebut juga akan bertambah karena pihaknya juga terus melakukan penyerapan beras petani di wilayah kerjanya meliputi Kabupaten Madiun, Ngawi, dan Kota Madiun.

Adapun untuk penyerapan, sejauh ini pihaknya telah mencapai 9.000 ton lebih. Stok beras di gudang Bulog Madiun masih didominasi oleh beras medium, tapi ada juga beras premium.

Untuk penyerapan beras dan gabah, pihak Bulog akan melakukan kerja sama petani maupun mitra sesuai dengan ketentuan.

Selain komoditas beras, lanjut dia, pihak Bulog Madiun juga menyiapkan stok komoditas lainnya seperti gula pasir yang harganya mengalami kenaikan dalam beberapa bulan terakhir. Selain itu juga terdapat tepung terigu dan minyak goreng.

Rizal menambahkan, sebagai lembaga yang ditunjuk pemerintah untuk menekan laju kenaikan harga beras di pasaran, Bulog Madiun telah menggelontorkan sebanyak 8.000 ton cadangan beras pemerintah (CBP) melalui program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) di wilayah kerjanya.
 

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023