Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA) Al Muslim di Sidoarjo, Jawa Timur Mahmudah berhasil menjuarai lomba inovasi guru dan tenaga kependidikan (GTK) Creatif Camp (GCC) Batch 4 Jawa Timur dari sekitar 600 orang peserta yang mengikuti perlombaan itu.

"Alhamdulillah saya bersyukur dan sangat bahagia rasanya saat nama saya disebut sebagai juara 1 kategori bidang lomba inovasi kepala sekolah GCC Batch 4," katanya di Sidoarjo, Selasa.

Ia mengatakan, tema inovasi yang diusung kepala SMA Al Muslim adalah Strategi 7 M dalam rapor kinerja guru (Rakineru). Inovasi yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru-guru di SMA Al Muslim sehingga berdampak pada pencapaian hasil rapor kinerja guru yang mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

"Ketujuh strategi tersebut adalah mengadakan program pelatihan guru, mengaktifkan forum diskusi dengan komunitas belajar, memberikan penghargaan kepada guru, membiasakan bersikap terbuka terhadap kritik dan saran, membuat lingkungan kerja yang nyaman, menerapkan nilai dan budaya positif, melakukan evaluasi yang berkelanjutan.

Harapannya dengan adanya strategi 7 M guru memiliki motivasi tinggi untuk meningkatkan kinerjanya," tuturnya.

GCC merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur bidang GTK. Untuk mengikuti kegiatan ini sebelum semua peserta lomba wajib mengikuti serangkaian loka karya yang diadakan oleh panitia dengan berbagai tema yang relevan dengan inovasi yang dilakukan oleh peserta lomba.

Kegiatan lomba GCC ini terdiri dari sembilan bidang lomba, yaitu inovasi pengawas sekolah, inovasi kepala sekolah, lomba media pembelajaran berbasis IT, lomba modul ajar kurikulum merdeka, lomba video pembelajaran (best practis) kurikulum merdeka, lomba film pendek, lomba desain fashion, lomba kewirausahaan, dan terakhir lomba video tourism.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023