Pembalap sepeda dari Roojai Insurance Team asal Belanda, Adne Willemjan Van Engelen (30) memenangi lomba balap sepeda "Rengganis Race and Challenge 2023 di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Minggu (29/10).

Balap sepeda yang diikuti 204 peserta pembalap nasional maupun pembalap internasional ini menempuh jarak 14 kilometer, mengambil start dari Desa Jetis (Kecamatan Besuki) menuju Kecamatan Sumbermalang, dengan rute menanjak cukup ekstrem.

"Kami senang sekali bisa mengikuti lomba balap sepeda di Situbondo. Kalau event serupa digelar tahun depan saya akan hadir lagi," kata Adne Willemjan Van Engelen kepada Bupati Situbondo Karna Suswandi usai menerima piala sebagai pemenang balap sepeda kategori men elite.

Pembalap asal Belanda kelahiran 1993, itu menuntaskan jarak 14 kilometer dengan catatan waktu 28 menit 16 detik, disusul pembalap Javier Sarda Perez (35) dari Team Wuzhishan Cycling Team, Spanyol, catatan waktu 28 menit 20 detik.

Di posisi ketiga lomba balap sepeda Rengganis Race and Challenge 2023 kategori men elite diduki oleh Jet One Robbil Setyobudi pembalap dari Mul
Juara balap sepeda kategori men elite foto bareng Bupati Situbondo Karna Suswandi usai menerima hadiah Rengganis Race and Challenge 2023 di Situbondo, Jatim. Minggu (29/10/2023) ANTARA/Novi Husdinariyanto
a Cycling Team Indonesia, dengan catatan waktu 28 menit 21 detik.



Bupati Situbondo Karna Suswandi mengapresiasi pengurus KONI setempat atas gelaran lomba balap sepeda bertaraf internasional tersebut.

"Ini adalah yang pertama kali digelar, tahun depan kami akan menggelar lagi, dan tentunya rutenya akan lebih ekstrem lagi, sesuai yang diinginkan para peserta pembalap nasional maupun internasional," katanya.

Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Situbondo Deny Wahyu Pribadi menyampaikan terima kasih kepada Forkopimda dan seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan balap sepeda Rengganis Race and Challenge 2023.

"Alhamdulillah lomba balap sepeda yang kami gelar untuk yang pertama kalinya ini mendapat respons positif dari peserta, baik pembalap nasional maupun internasional," tuturnya.

Selain kategori men elite, ada enam kategori lainnya yang dipertandingkan dalam ajang balap sepeda ini, di antaranya master A (30-40 th), master B (41-50 th), Master C (50 th ke atas), men junior, men youth, dan women open.

Konsep event balap sepeda ini disebut fun and race karena sebelum bertanding para peserta bersepeda mulai dari Pendopo Aryo Situbondo hingga Desa Jetis, Kecamatan Besuki.

Di Desa Jetis inilah menjadi titik nol pertandingan balap sepeda menuju Kecamatan Sumbermalang. Start ke finis di Sumbermalang sekitar 14 kilometer, dengan jalan yang menanjak.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023