Bupati Situbondo Karna Suswandi melepas ratusan peserta balap sepeda bertajuk "Rengganis Race and Challenge 2023" yang diikuti para pembalap dari Tanah Air maupun mancanegara, Minggu.

"Dengan mengucap Bismillarrahmanirrahim, balap sepeda Rengganis Race and Challenge 2023 saya berangkatkan," kata Bung Karna, sapaan Bupati Situbondo Karna Suswandi sembari mengayunkan bendera start di Pendopo Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Rengganis Race and Challenge ini merupakan agenda berkelas internasional karena peserta pembalap ada yang berasal dari tiga negara yakni Rusia, Belanda, dan Spanyol.

"Event ini adalah yang pertama kali digelar Pemkab Situbondo bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Agenda ini juga sekaligus untuk mengenalkan Situbondo ke mata dunia," kata Bupati.

Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Situbondo Deny Wahyu Pribadi menyebutkan tercatat sebanyak 204 peserta balap sepeda berasal dari enam provinsi dan tiga negara, di antaranya Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Yogyakarta, Bali, dan Kalimantan.

"Even ini internasional namun belum tercatat dalam kalender olahraga internasional," tutur dia.
Ratusan pembalap sepeda melintas di jalur pantura Situbondo, Jawa Timur, event Rengganis Race and Challenge 2023. Minggu (29/10/2023) ANTARA/Novi Husdinariyanto


Data diperoleh, ada tujuh kategori yang dipertandingkan dalam ajang balap sepeda ini, di antaranya master A (30-40 th), master B (41-50 th), Master C (50 th ke atas), men elite, men junior, men youth, dan women open.

Konsep even balap sepeda ini disebut fun and race karena sebelum bertanding para peserta bersepeda mulai dari Pendopo Aryo Situbondo hingga Desa Jetis, Kecamatan Besuki.

Di Desa Jetis inilah menjadi titik nol pertandingan balap sepeda menuju Kecamatan Sumbermalang. Start ke finis di Sumbermalang sekitar 14 kilometer, dengan jalan yang menanjak.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023