Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timurm menghadirkan cerita Panji sebagai experience baru bagi pengunjung di lokasi wisata air Ubalan, Kecamatan Plosoklaten, kabupaten setempat.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengemukakan konsep cerita Panji tersebut didesain layaknya latar cerita pada masa lalu. Harapannya para pengunjung di wisata Ubalan tersebut bisa merasakan bagaimana masuk dalam cerita tersebut.

"Jadi prediksi saya, hitungan saya sudah bisa menjadi destinasi wisata atau theme park (taman hiburan), Jadi tempat wisata yang punya konsep di 2024," katanya di Kediri, Sabtu.

Sementara itu, untuk membuat konsep baru di wisata Ubalan tersebut, pemkab rencananya akan menggandeng Provaliant Group yang juga telah membuat theme park di kota-kota besar.
 
Salah satu pimpinan Provaliant Group, Chandra Sugiono mengungkapkan konsep cerita Panji ini merupakan konsep berlatar kearifan lokal pertama yang dibuat.
 
Menurutnya, hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri sebab, cerita Panji yang akan dipamerkan tersebut merupakan legenda asli dari Kediri yang telah dikenal oleh masyarakat.
 
"Rencananya semua pekerja akan menggunakan baju pada zamannya, seperti menjadi casting atau aktor aktris di dalam dunia (yang dibuat) itu," katanya.
 
Ia menambahkan, atraksi akan diambil dari berbagai cerita Panji yang ada, seperti cerita timun mas dan ande-ande lumut. Nantinya akan dilakukan pergantian tema sesuai cerita yang diangkat secara periodik.
 
"Rencananya kami akan punya tematik-tematik yang akan berganti secara periodik," kata dia.
 
Cerita Panji itu merupakan kumpulan cerita yang  mengisahkan percintaan dan peperangan pada era Kerajaan Kediri di Jawa Timur.

Bupati Kediri mengatakan, untuk merealisasikan konsep tersebut, pemerintah melakukan survei lapangan guna memastikan konsep yang dicanangkan cocok dengan kondisi destinasi yang berada di Kecamatan Wates tersebut.

Rencananya, untuk rencana pengembangan wisata Ubalan, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri itu akan melakukan dilakukan rehabilitasi pada 2024.

Bupati berharap dengan konsep yang baru ini, akan bisa menarik banyak pengunjung. Terlebih letak wisata Ubalan ini dekat dengan Gunung Kelud (1.731 meter di atas permukaan laut) yang juga menjadi salah satu destinasi unggulan di Kabupaten Kediri.

Ia menambahkan, selain wisata Ubalan yang ditata konsepnya di tahun 2024, pihaknya juga akan melakukan rehab pada destinasi Sumber Corah yang berada di Kecamatan Pare.

"Wisata Ubalan dan Corah sedang kami bahas. Dalam hitungan time line yang sekarang ada, wisata (Sumber Corah) akan mulai direhab tahun depan," kata dia.

 

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023