Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Probolinggo membangun sistem ekonomi berbasis lingkungan memanfaatkan pekarangan kosong dan tidak produktif menjadi tempat budidaya berbagai jenis tanaman sayuran dan kolam ikan yang sekaligus menjadi warung kuliner.

"Kami berharap inovasi melalui warung yang berlokasi di Kampung Nila, Kelurahan Sukabumi bermanfaat bagi masyarakat luas," kata Ketua Tim Penggerak PKK Kota Probolinggo, Jawa Timur, Aminah Hadi dalam keterangan tertulis yang diterima di Kota Probolinggo, Selasa.

Menurutnya, TP PKK Kelurahan Sukabumi Kecamatan Mayangan, berhasil menggerakkan masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan kosong dan tidak produktif menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai dengan aneka makanan yang dijajakan lewat inovasi "Berung (warung dalam bahasa Madura) Taman Hatinya PKK".

Berung Taman Hatinya PKK merupakan inovasi dalam manfaatkan halaman sekitar yang dulunya kumuh dan tak terawat, kemudian difungsikan menjadi taman yang asri, sekaligus dimanfaatkan sebagai tempat budidaya berbagai jenis tanaman sayuran dan ikan.

"Di lokasi itu, dulunya hanyalah halaman yang telantar, ditumbuhi rumput liar dan tumpukan sampah. Namun, dengan kesungguhan untuk memaksimalkan manfaat dari tanah kosong, akhirnya bisa menjadi Berung Hatinya PKK," tuturnya.

Ia mengatakan tempat itu tidak sekedar menjadi halaman yang asri, tapi juga menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai sambil menikmati hidangan yang dijual di sana.

Aminah juga menebarkan benih ikan nila ke kolam yang ada di area Berung Hatinya PKK dan berharap masyarakat bisa merawat dan menjaganya agar bisa terus memberikan manfaat bagi warga sekitar.

Sementara itu, Ketua RT 7, RW 7, Kelurahan Sukabumi, Suhartono mengatakan hidangan yang dijual di Berung Hatinya PKK itu diambil langsung dari hasil budidaya yang dikelola masyarakat sendiri di sekitar halaman Berung Hatinya PKK.

"Dengan memanfaatkan budidaya tanaman sayuran, seperti kangkung, sawi, tomat, terong, bayam, dan juga ikan nila yang ada di sekitar Berung Hatinya PKK, olahan makanan yang ada diambil langsung dari hasil budidaya tersebut," katanya.

Ia menjelaskan olahan kuliner yang membuat istimewa di Berung Hatinya PKK adalah ikan nilanya, apalagi lokasi budidaya ikan itu tidak jauh dari pesisir pantai, sumber daya tambak ikan nila begitu melimpah.

"Mayoritas petambak di sini adalah petambak ikan nila. Hasil olahannya ada nila bakar atau lalapan nila, juga ada produk olahan kerupuk nila," ujarnya.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023