Wakil Ketua Dewan Pakar Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar Soekarwo meminta para kader yang telah diusulkan maju sebagai calon legislatif (caleg) untuk mampu membangun keyakinan masyarakat.

Dalam Pertemuan dan Pelepasan Calon Anggota Legislatif di Kabupaten Malang, Minggu, Soekarwo yang kerap disapa Pakde Karwo itu mengatakan bahwa para calon legislatif tersebut harus benar-benar memperjuangkan kepentingan masyarakat ke depan.

"Caleg harus bekerja keras. Dia harus bertemu pemilih dan harus menyapa, kemudian membangun keyakinan bahwa kalau kemudian menjadi anggota legislatif, harus betul-betul memperjuangkan masyarakat," kata Pakdhe Karwo.

Mantan Gubernur Jawa Timur dua periode itu menjelaskan langkah untuk membangun keyakinan dan kepercayaan masyarakat tersebut, harus dibangun oleh para caleg hari demi hari melalui berbagai pendekatan yang aktif dan konkret.

Selain itu, lanjutnya, apa yang disuarakan oleh masyarakat tersebut harus benar-benar diperjuangkan oleh para wakil rakyat tersebut. Salah satu upaya yang dikuatkan saat ini melalui target penambahan perolehan kursi untuk memperjuangkan kepentingan rakyat.

"Saya fokus di Jawa Timur untuk membantu DPD Jatim untuk menambah kursi, baik di DPR, DPD Provinsi dan kabupaten kota," katanya.

Ia menambahkan, dalam upaya untuk menambah perolehan kursi tersebut, para caleg dari partai berlambang beringin itu harus mengecek kondisi masyarakat yang ada di bawah termasuk menyerap aspirasi warga di wilayah Jawa Timur.

"Lebih banyak mendengarkan aspirasi dari bawah untuk melakukan langkah-langkah konkret," katanya.

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Golkar Jawa Timur Sarmuji menambahkan untuk wilayah Malang Raya yang merupakan gabungan dari Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu, ditargetkan masing-masing ada penambahan satu kursi di DPR dan DPRD Provinsi.

"Untuk Malang Raya, kami berkeyakinan kursi di DPR dan DPRD bertambah menjadi dua kursi, dari sebelumnya masing-masing satu kursi," kata Sarmuji.

Sarmuji menjelaskan terkait dengan target penambahan kursi dari Malang Raya tersebut merupakan hal yang realistis mengingat konsolidasi partai di wilayah tersebut terhitung dalam kondisi yang baik.

"Kemudian, dari sisi caleg yang kami terjunkan, bagus semua, energik, logistiknya memadai, infrastuktur yang dibangun di masing-masing juga memiliki perkembangan baik," katanya.

Dalam kesempatan itu, ada sebanyak 144 caleg dari wilayah Malang Raya yang akan maju pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. 

Dari 144 caleg tersebut, terbagi dari delapan orang untuk DPR, 11 orang untuk DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten Malang 50 orang, DPRD Kota Malang 45 orang dan DPRD Kota Batu sebanyak 30 orang.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023