Sebanyak 74 orang Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mulai melaksanakan latihan baris berbaris mempersiapkan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus mendatang.

Kepala Bidang Kepemudaan pada Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Situbondo Edi Kusyunianto mengemukakan bahwa dari 74 pelajar yang lolos seleksi Paskibraka itu 37 orang di antaranya putra dan 37 orang putri.

"Mereka (Paskibraka) sebanyak 74 orang sudah lolos seleksi sebelumnya, dan sejak tanggal 3-15 Agustus 2023 mengikuti latihan berbaris hingga kedisiplinan," katanya kepada wartawan di Situbondo,  Sabtu.

Baca juga: HUT Ke-76 RI, Bupati Situbondo kukuhkan anggota Paskibraka

Menurut dia, 74 siswa dan siswi SMA/SMK sederajat di Situbondo, itu merupakan hasil dari seleksi akhir dari sebanyak 239 pelajar lainnya yang mendaftar secara daring beberapa waktu lalu.

Panitia seleksi pemilihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka ini, kata dia, mengutamakan dari fisik seperti tinggi badan laki-laki minimal 170 cm dan perempuan minimal 165 cm.

"Selain itu panitia seleksi untuk Paskibraka ini juga dari kesehatan yakni Paskibraka memilih pelajar yang tidak memakai kacamata dan kesehatan fisik lainnya dengan dilakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit milik pemerintah daerah setempat," katanya.

Dia menambahkan, 74 orang Paskibraka ini dilatih gabungan dari beberapa unsur, yakni pelatih dari Polres Situbondo, Kodim 0823, dan Pusat Pendidikan Santri Asembagus, hingga menjelang pelaksanaan upacara HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus mendatang.

"Pasukan Pengibar Bendera Pusaka ini nantinya juga dikarantina lima hari sebelum hari pelaksanaan upacara," kata Edi  Kusyunianto.

Sementara itu, Wakapolres Situbondo Kompol Pujiarto menyampaikan bahwa Paskibraka harus mempersiapkan mental agar terus bersemangat dan terus menjaga kesehatan.

"Kami optimis dengan mempersiapkan mental dan mengikuti latihan secara disiplin akan menghasilkan yang terbaik," ujarnya.

Dari pantauan, Paskibraka ini mengikuti latihan berbaris dan lainnya di Pendopo Kabupaten Situbondo dan Alun-Alun setempat.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023