Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJamsostek Surabaya Karimunjawa menyerahkan klaim jaminan kematian kepada tenaga kerja kontrak tukang sapu jalan di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya.
 
Kepala BPJamsostek Surabaya Karimunjawa, Adventus Edison Souhuwat atau yang akrab disapa Sonny di Surabaya Jumat mengatakan penyerahan klaim tersebut sebagai upaya perlindungan jaminan sosial terhadap pekerja sektor formal.
 
Kali ini, upaya perlindungan ditunjukkan BPJamsostek Surabaya Karimunjawa melalui penyerahan simbolis klaim Jaminan Kematian (JKM).
 
"Meskipun santunan ini sama sekali tidak bisa menggantikan sanak keluarga yang dipanggil Tuhan. Namun hal tersebut menjadi salah satu bentuk kepedulian kami untuk dapat memberikan jaminan terhadap ahli waris dan anak-anak yang ditinggal oleh orangtuanya," ucapnya di sela penye­rahan simbolis kepada Supardi selaku ahli waris Sukarni yang merupakan tenaga kerja kontrak sebagai tukang sapu jalan di DLH Kota Surabaya.
 
Dalam penyerahan klaim tersebut, turut hadir pula Kepala Dinas (Kadis) DLH Kota Surabaya, Agus Hebi Djuniantoro dan Kepala Bidang Kepesertaan Korporasi dan Institusi BPJamsostek Surabaya Karimunjawa, Sasongko Adji.
 
"Kami menyampaikan bela sungkawa atas apa yang dialami oleh Supardi," katanya.
 
Terhitung selama periode Januari hingga Mei 2023, BPJamsostek Surabaya Karimunjawa telah melakukan pembayaran klaim JKM kepada lima tenaga kerja kontrak di lingkup DLH Kota Surabaya.
 
Salah satunya kepada ahli waris Sukarni dengan total nilai santunan berupa uang tunai sebanyak Rp42 juta dan beasiswa pendidikan hingga jenjang S1 dengan nominal kurang lebih Rp73,5 juta kepada anak ahli waris.
 
“Kami berharap semoga santunan ini dapat membawa nilai manfaat dan dapat meringankan beban keluarga yang ditinggalkan,” katanyao
 
Kadis DLH Kota Surabaya, Agus Hebi Djuniantoro mengapresiasi program BPJamsostek sebagai bentuk perlindungan jaminan sosial kepada para tenaga kerja di lingkup kerja.
 
“Terima kasih kami ucapkan kepada pihak BPJamsostek atas gerak cepatnya terkait perlindungan kepada mereka yang tengah tertimpa musibah. Semoga pelayanan terbaik seperti ini dapat terus ditunjukkan oleh BPJamsostek,” ucap Hebi.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023