Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, mengalokasikan anggaran untuk tunjangan hari raya bagi tenaga non-ASN di lingkup Pemkot Kediri, yang bisa mereka manfaatkan untuk kebutuhan menjelang Hari Raya Idul Fitri 2023.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengemukakan di Kota Kediri ada 2.149 tenaga non-ASN, sedangkan jumlah ASN sebanyak 4.097. THR diberikan satu kali gaji menjelang Hari Raya Idul Fitri 2023.

"Kami memperjuangkan teman-teman non-ASN untuk mendapat THR. Ini keberpihakan, karena kami melihat teman-teman non-ASN dan ASN ini sama. Kinerja dan kontribusi teman-teman ini juga besar di Pemerintah Kota Kediri," kata Wali Kota di Kediri, Kamis.

Wali Kota juga mengatakan THR ini sudah dua tahun berturut-turut diberikan kepada non-ASN. THR diambilkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Kediri.

Pihaknya menambahkan, pencairan THR untuk tenaga non-ASN itu diberikan bersamaan dengan pencairan THR ASN, yakni H-10 Hari Raya Idul Fitri.

Ia juga sudah memberikan instruksi kepada OPD untuk segera memberikan hak kepada tenaga non-ASN itu sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

"Saya menginstruksikan kepada teman-teman di OPD untuk memberikan THR kepada teman-teman non ASN. Bahkan sudah dianggarkan dua tahun berturut-turut," kata dia.

Wali Kota juga menitipkan pesan kepada seluruh ASN dan non-ASN di Pemerintah Kota Kediri, agar dapat memanfaatkan THR yang didapatkannya secara bijak. THR yang dibelanjakan diharapkan dapat menggerakkan perekonomian di Kota Kediri.

"Nanti manfaatkan THR secara bijak. Gunakan sesuai kebutuhan. Belanjakan pada UMKM Kota Kediri," kata dia.

Sementara itu, salah satu tenaga non-ASN di lingkungan Pemerintah Kota Kediri Lilin menyambut bahagia pemberian THR bagi tenaga non-ASN.

Menurutnya, THR yang diberikan merupakan bentuk apresiasi Wali Kota Kediri terhadap kinerja tenaga non-ASN. THR ini juga bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

"Alhamdulillah, kami akan mendapat THR. Kami benar-benar dianggap sama dengan ASN. Tentunya kami bersyukur atas perjuangan Bapak Wali Kota beserta jajaran. THR ini tentu sangat amat bermanfaat bagi kami," kata Lilin.*

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023