Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Taman Sari atau PDAM Kota Madiun berhasil memborong tiga penghargaan sekaligus di tingkat nasional dalam ajang "Top BUMD Award 2023".

Ketiga penghargaan tersebut adalah Perumda Tirta Taman Sari yang mendapat Top BUMD Awards Bintang 5 untuk kali ketiga secara berturut-turut. Kedua, Wali Kota Madiun Maidi mendapatkan penghargaan kategori Top Pembina BUMD 2023 dan ketiga, Direktur Utama Perumda Tirta Taman Sari Suyoto mendapatkan penghargaan kategori Top CEO BUMD 2023. Penyerahan penghargaan berlangsung di Hotel Raffles Jakarta, Rabu (5/4).

"Alhamdulillah, hari ini borong prestasi lagi. Kota kita setidaknya mendapatkan tiga penghargaan sekaligus dalam Top BUMD Awards 2023. Penghargaan ini sekaligus bukti kinerja yang apik Perumda kita, khususnya PDAM Tirta Taman Sari," ujar Wali Kota Maidi, Rabu

Ia menjelaskan sejumlah perubahan memang dilakukan di manajemen PDAM Tirta Taman Sari. Salah satunya, terkait manajemen sosial-bisnis yang diubah menjadi bisnis-sosial. Perubahan itu terbukti memberikan banyak dampak positif, mulai peningkatan pendapatan dan meminimalkan kebocoran. Selain itu, juga berdampak pada peningkatan kesejahteraan pegawai. 

Biarpun begitu, orientasi sosial juga tidak ditinggalkan. Perusahaan tidak hanya mengutamakan keuntungan semata. Tetapi juga mengedepankan kegiatan sosial. Yakni, utamanya pelayanan kepada masyarakat. 

Tak heran, jika kemudian muncul banyak program sosial. Seperti program sambungan gratis, bantuan sembako, jaminan sosial tenaga kerja untuk marbot masjid, guru TPA, penjaga makam, dan lain sebagainya. 

"Ini membuktikan kalau kinerja Perumda (PDAM) kita baik ya. Kita dinilai secara nasional dan dapat bintang 5," kata dia.
Wali Kota Madiun Maidi bersama Direktur Utama Perumda Tirta Taman Sari Suyoto dan jajaran memegang piala penghargaan Top BUMD Awards Bintang 5, Top Pembina BUMD 2023, dan Top CEO BUMD 2023 dalam ajang Top BUMD Award 2023. ANTARA/HO-Diskominfo Kota Madiun


Penghargaan itu tentu tidak terlepas dari peran dan sosok seorang pemimpin. Yakni, Dirut Perumda Tirta Taman Sari Suyoto dan juga Wali Kota Madiun Maidi selaku pembina.

Keduanya juga mendapat penghargaan masing-masing. Wali kota menambahkan sebagai pemimpin Kota Madiun, dirinya wajib memberikan arahan-arahan demi peningkatan kualitas Perumda. Baik kualitas dalam hal bisnis maupun sosial. 

Dalam hal bisnis wajib adanya peningkatan keuntungan untuk kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sedang, urusan sosial yakni peningkatan pelayanan kepada masyarakat. 

"Prinsipnya kita bekerja memberikan yang terbaik. Memberikan pelayanan yang terbaik. Kalau sudah memberikan yang terbaik, hasil yang terbaik juga akan kita dapatkan," kata Maidi.

Ke depan, lanjutnya, penghargaan tersebut harus menjadi pelecut semangat. Apalagi, masih ada kategori yang lebih tinggi. Yakni, TOP BUMD Award Platinum. 

"Kita harus bisa meraih itu. Namun, diraihnya penghargaan ini harus tetap diiringi dengan peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Pelayanan yang lebih baik tentunya. Dengan begitu manajemen bisnis-sosial ini benar-benar terwujud dengan maksimal," tegasnya.

Penghargaan tingkat nasional Top BUMD Awards 2023 digelar Majalah Top Business bekerja sama dengan Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) serta beberapa lembaga, asosiasi, dan konsultan bisnis. Ajang tersebut juga didukung Kementerian Dalam Negeri RI.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023