Pemerintah Kabupaten Sidoarjo "membedah" atau merenovasi salah satu rumah warga korban kebakaran di Desa Kedungrejo, Kecamatan Waru supaya lebih layak huni.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor di Sidoarjo, Rabu, mengatakan rumah yang dibedah kali ini milik Tohari yang rusak akibat tertimpa musibah kebakaran.
 
"Bulan Februari lalu rumah Tohari mengalami musibah kebakaran. Rumahnya terbakar habis akibat hubungan arus pendek listrik. Tidak ada yang tersisa dari rumah berukuran 5x10 meter yang ditempati itu," katanya.
 
Ia mengatakan, bantuan bedah rumah tersebut dilakukan oleh Baznas Sidoarjo yang bekerja sama dengan BPBD Sidoarjo.
 
"Program seperti ini bentuk kehadiran pemerintah kepada masyarakat," ucapnya.
 
Ia mengatakan, Pemkab Sidoarjo akan selalu hadir saat ada warga yang mengalami kesusahan seperti halnya yang dialami warga Desa Kedungrejo Waru yang mengalami musibah kebakaran.
 
"Kami berusaha sekuat tenaga untuk hadir ketika warganya membutuhkan atau kesusahan," tuturnya.
 
Gus Muhdlor, sapaan akrabnya, mengapresiasi kerja sama dalam pelaksanaan program bedah rumah yang dilakukan Baznas Sidoarjo dengan BPBD Sidoarjo.
 
Menurutnya, sinergi seperti ini penting dilakukan karena akan mempercepat bantuan yang diberikan kepada warga yang mengalami musibah seperti ini.
 
"Kami bisa membantu secara cepat dengan saling bekerjasama, seperti bencana puting beliung yang pernah terjadi, BPBD, Baznas hadir semua saat kejadian," ucapnya.
 
Ketua Baznas Sidoarjo Chasbil Azis Salju Sodar mengatakan realisasi program bedah rumah milik Tohari hasil gotong royong dari berbagai pihak seperti dari BPBD Sidoarjo dan juga dari Desa Kedungrejo serta Lazisnu Sidoarjo.
 
"Anggaran pengerjaannya lebih dari Rp47 juta dengan waktu pengerjaan selama 21 hari," katanya.
 
Tohari mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan sebagai bentuk perhatian Pemkab Sidoarjo kepada masyarakat.
 
"Kalau saya pribadi membangun rumah ini tidak mampu, Alhamdulillah dibantu oleh pemerintah," ujarnya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023