Mencicipi kuliner desa yang sangat legendaris di Situbondo, yakni nasi kolhu. Nama nasi kolhu merupakan akronim dari nasi putih ditaburi sekol (parutan kelapa) dan tahu goreng.

Nasi kolhu ini hanya bisa anda temukan di warung Bu Nima, di Desa Balung, Kecamatan Kendit. Nasi kolhu makanan khas desa ini melegenda karena dirintis oleh mendiang Bu Nima sejak tahun 1980-an.

Warung nasi kolhu dibuat sederhana, tapi selalu ramai dikunjungi oleh semua kalangan, karena selain murah, nasi kolhu punya rasa yang khas.

Nasi kolhu adalah suguhan nasi putih yang ditaburi parutan kelapa yang sudah dibumbui cabai merah besar dan dikukus, dilengkapi tahu goreng plus ote-ote, ditambah lagi dengan sambal tomat pedas yang semakin memanjakan lidah.

Penyajian nasi kolhu sepintas memang sangat sederhana, nasi putih dengan menggunakan wadah daun pisang ditaburi parutan kelapa yang sudah dikukus rempah-rempah dan topping tahu goreng dan ote-ote.

Meski nampak sederhana penyajian-nya karena makanan khas desa, rasanya bikin ketagihan. Kekhasan nasi kolhu membuat nasi ini dikenal luas hingga ke wilayah perkotaan di Situbondo.

Untuk menikmati makanan khas Desa Balung ini tak perlu merogoh kocek dalam-dalam, cukup Rp4.000 saja, anda sudah bisa menikmati sensasi kuliner desa.

Annuru, generasi kedua warung Bu Nima mengaku melanjutkan menjual nasi kolhu tetap menggunakan resep turunan dari neneknya.

"Saya tetap menjaga resep yang diberikan nenek saya. Tidak menambahkan ataupun mengurangi, harganya pun juga cukup terjangkau," ujar Annuru.

Salah seorang pembeli nasi kolhu, Ade Zian Sarofi mengaku ketagihan dengan nasi kolhu, selain harganya murah, tapi rasanya tidak murahan.

Menurut pemuda ini, parutan kelapa dikukus bersamaan dengan bumbu khusus memberikan cita rasa berbeda dengan nasi pada umumnya, ditambah lagi dengan sambal khas warung Bu Nima.

"Enak dan bikin ketagihan, karena saya penyuka parutan kelapa yang dikukus yang dibumbui khusus," katanya.

Penikmat kuliner nasi kolhu lainnya adalah Diana. Dia juga sangat menyukai nasi kolhu karena taburan parutan kelapa kukus memiliki aroma yang khas, ditambah lauk tahu goreng dan ote-ote plus sambal.

"Nasi kolhu dimakan dalam kondisi hangat dan minumnya teh hangat bikin saya semangat menyantapnya," katanya.

Penasaran mencicipi kuliner desa nasi kolhu ini? Datang ke Situbondo. Selamat menikmati.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023