Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana meminta setiap desa di kabupaten tersebut mengusulkan satu program prioritas untuk diajukan dalam musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) tingkat kecamatan.

Selain untuk pemerataan pembangunan daerah, anjuran program prioritas tersebut juga bisa menghindari adanya penumpukan program di satu desa yang dikhawatirkan tidak bisa selesai dalam satu tahun anggaran. Pemkab Kediri ingin agar program pembangunan lebih efektif dan tepat sasaran.

"Kami minta musrenbang yang akan dilakukan dalam waktu dekat, tolong setiap desa mengajukan satu usulan prioritas yang nantinya akan kami akomodasi. Karena kalau ditumpuk satu desa tiga atau dua program, nanti ada desa yang tidak kebagian. Ini kami coba lakukan pemerataan," kata Hanindhito di Kediri, Jawa Timur, Selasa.

Dia mengakui banyak masukan diberikan kepada pemerintah kabupaten, seperti jembatan rusak di Desa Dukuh, Kecamatan Ngadiluwih. Proposal perbaikan jembatan tersebut telah masuk Dinas PUPR Kabupaten Kediri.

Selain itu, adap pula masukan untuk perbaikan jembatan penghubung di Desa Cendono, Kecamatan Kandat, serta pengajuan pembangunan saluran drainase di Jalan Raya Desa Dukuh, Kecamatan Ngadiluwih.

Dari berbagai masukan tersebut, kata Hanindhito, pemerintah kabupaten tidak bisa menjanjikan usulan yang telah diajukan itu diselesaikan semua di tahun 2023.

Oleh karena itu, dia menyarankan usulan program desa itu dibawa ke musrenbang tingkat kecamatan, sehingga bisa menjadi prioritas dan secepatnya direalisasikan.

Dia juga menyarankan satu desa memiliki satu program prioritas yang dibawa saat musrenbang kecamatan. Setelah ada kesepakatan, usulan program baru akan dimasukkan dalam musrenbang tingkat kecamatan.

"Satu desa, satu prioritas. Dibandingkan saya bilang tiga tapi tidak selesai di tahun ini, mending satu-satu. Jadi, nanti di musrenbang kecamatan ditimbang dari sekian banyak (usulan) ini, mana yang prioritas paling utama," ujar Hanindhito.

Dia juga meminta kepada sekda dan kepala Bappeda Kabupaten Kediri untuk mengawal usulan program dari desa tersebut.

Pemkab Kediri bersiap menggelar musrenbang kecamatan pada Maret yang akan membahas berbagai macam usulan dari masyarakat. Masyarakat dapat menyampaikan aspirasinya saat musrenbang, sehingga dari berbagai usulan itu bisa disepakati menjadi program prioritas.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023