Sate adalah kuliner khas Indonesia, yang tentunya sangat menggugah selera. Perpaduan rasa daging yang dibakar serta bumbu kacang yang enak, menjadi menu yang cocok di lidah para penggemar olahan daging.

Di Desa Sidomulyo, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, ada kuliner sate yang sangat ramai. Saking ramainya, pengunjung harus mengambil nomor antrean. 

Selain karena enak, rupanya harga sate ini termasuk paling murah. Satu porsi sate ayam hanya dihargai Rp9.000 sedangkan satu porsi sate kambing hanya Rp11.000. Untuk krengsengan harganya Rp10.000 per porsi.
 
 


Pendik, putra dari pemilik usaha sate ini mengatakan, usaha ini sudah dirintis orangtuanya sejak 21 tahun lalu. Hingga kini, usaha ini terus bertahan, kendati ada banyak usaha serupa.

Pendik mengatakan, usaha yang digeluti orangtuanya ini mengandalkan rasa khas sate jawa, dengan bumbu kacang dan kecap. Sate awalnya dibakar setelah sebelumnya direndam dengan rendaman bumbu. Setelah matang, kemudian dicampur dengan adonan bumbu kacang dan siap disajikan.

Dalam sehari, kata Pendik, bisa menjual hingga 1.0000 tusuk. Diperlukan 5 kilogram daging kambing atau setara satu ekor kambing per hari, serta 4 kilogram daging ayam. Semua ditusuk dan siap dibakar.

Menurut dia, harga sate ayam di tempatnya memang murah. Hal ini karena menyesuaikan dengan daya beli masyarakat.

"Kalau harganya memang murah, menyesuaikan daya beli masyarakat sekitar. Kan lokasi warungnya juga di daerah terpencil," katanya.

Walaupun harga jual sate sangat murah, ia mengatakan usaha yang digeluti keluarganya tetap bertahan sampai saat ini, bahkan pembeli semakin laris. 
 
 


Desi, warga Kediri yang membeli sate tersebut mengatakan rasa satenya sangat enak dan harganya juga murah.

"Satenya enak dan harganya murah. Saya baru pertama kali makan di sini, tapi enak sekali," kata Desi.

Yani, pembeli dari Desa Karangrejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri juga mengatakan perpaduan bumbu kacang dari sate ini enak. Ia penyuka sate, sehingga sangat menikmati rasa masakan ini.

"Saya baru pertama kali makan di sini, tapi rasanya enak sekali," kata Yani.

Warung sate ini terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri. Kendati masuk di daerah terpencil, pembelinya dari berbagai daerah. Warung Makan Pojok Bu Siti Romelah ini buka setiap hari Senin-Sabtu, sedangkan saat Minggu libur.
 

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023