Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menerima penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka kategori "Lifetime Achievement"  dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI).

Penghargaan sebagai apresiasi tertinggi Pemerintah dalam peningkatan literasi dan peningkatan kegemaran membaca masyarakat itu diterima di Jakarta, Senin (14/11) malam.

"Saya menyampaikan terima  kasih kepada Perpustakaan RI. Sesungguhnya ini bukanlah penghargaan untuk saya semata, tetapi untuk seluruh masyarakat Jatim yang bahu membahu meningkatkan minat dan mengembangkan budaya gemar membaca," katanya, melalui keterangan tertulis yang diterima di Surabaya, Selasa.

Tak lupa Mantan Menteri Sosial itu mengucapkan terima kasih atas kerja keras pustakawan serta pegiat literasi di  Jatim.

"Kerja kolaboratif  kami di Jatim ternyata ada yang memotret dari Perpustakaan Nasional sehingga akhirnya memperoleh Lifetime Achievement. Terima kasih atas seluruh apresiasi dari Perpustakaan Nasional," ujarnya.

Gubernur Khofifah menyampaikan komitmen dalam meningkatkan minat baca di Jatim telah dibuktikan dengan naiknya tingkat kegemaran membaca (TGM) masyarakat Jatim sebesar 64,20 persen pada tahun 2021. Data tersebut mengalami peningkatan jika dibandingkan tahun 2020 yang tercatat 63,96 persen.

Meski mengalami peningkatan, Khofifah masih merasa belum puas. Untuk itu, bersama seluruh jajarannya terus berkomitmen bekerja keras meningkatkan budaya gemar membaca di seluruh wilayah Jatim.

"Karena membaca adalah aktivitas positif yang dapat meningkatkan pengetahuan dan produktifitas  agar bisa bertahan  menghadapi tantangan hidup yang tidak semakin mudah. Sebaliknya, dengan gemar membaca bisa melahirkan inovasi-inovasi gemilang," tuturnya.

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022