Satuan Lalu Lintas Polres Situbondo menggelar apel kesiapsiagaan sebagau upaya antisipasi berbagai bencana alam yang kerap terjadi di sepanjang jalur pantura saat memasuki musim hujan.

Bencana alam yang kerap terjadi di sepanjang jalur pantura Situbondo, di antaranya angin puting beliung, tanah longsor, pohon tumbang dan lainnya.

"Hari ini kami mengecek kesiapan seluruh personel Satlantas, kendaraan pendukung operasional dan peralatan personel dalam pelaksanaan tugas evakuasi di lapangan," ujar Kasat Lantas Polres Situbondo AKP Anindita Harcahyaningdyah usai apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana di Halaman Polres Situbondo, Kamis.

Ia menekankan kepada anggotanya dalam memasuki musim hujan Satlantas agar lebih meningkatkan kewaspadaan untuk memonitor situasi arus lalu lintas di jalur pantura yang terbentang sepanjang 110 kilometer, khususnya di titik rawan longsor, pohon tumbang ataupun banjir dan tempat wisata.

"Kesiapsiagaan anggota sangat penting guna memastikan jalur pantura Situbondo tetap lancar, mulai Banyuglugur hingga kawasan Hutan Baluran. Namun kita semua berdoa, Situbondo aman tidak terjadi bencana," tuturnya.

Usai menggelar apel, Kasat Lantas bersama para perwira mengecek kendaraan derek, ambulans dan kelengkapan masing-masing anggota seperti jas hujan, lampu senter, sepatu, HT, sensho, serta tabung pemadam kebakaran, termasuk mengecek kondisi mesin kendaraan.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022