SD Al Muslim di Sidoarjo Jawa Timur menanamkan jiwa wirausaha (entrepreneur) yang baik kepada siswa sejak dini karena merupakan salah satu sunnah Nabi Muhammad SAW dalam memajukan ekonomi umat.
 
Kepala SD Al Muslim Ustazah Fatimatuz Zahroh dalam keterangan pers di Sidoarjo, Senin, menyampaikan sebagai upaya untuk mengasah dan menumbuhkan jiwa wirausaha, pihaknya mengadakan kegiatan Kids Entrepreneurship Day (KED).
 
"Selama pandemi ini, kegiatan dilaksanakan secara virtual," ujarnya 
 
Ia mengatakan, setelah keadaan sudah mulai membaik maka KED dapat dilaksanakan secara luar jaringan di aula SD Al Muslim dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.
 
"Kali ini mengusung tema Creative and Responsible Islamic Kidpreneurs dengan harapan bisa menumbuhkan jiwa wirausaha siswa kelas 1-6 yang kreatif, mandiri, percaya diri, dan bertanggung jawab," katanya.
 
Ia mengatakan, siswa dapat melakukan proses aplikasi pembelajaran tentang komunikasi yang baik kerja sama dan belajar tentang uang. 
 
"Antusias siswa yang didukung penuh oleh orang tua dalam menyambut KED," katanya.
 
Ia mengatakan, dengan antusias wali murid kerja sama yang baik dengan pihak sekolah mendorong siswa lebih kreatif lagi dalam berkarya sesuai proyek yang dicanangkan dalam membentuk karakter profil pelajar pancasila
 
"Kegiatan KED ini melanjutkan program yang sudah berjalan pada semester gasal. Siswa membuat perencanaan yang akan direalisasikan pada semester genap ini," ujarnya.
 
Menurut dia, konsep perencanaan yang sudah dibuat dimatangkan kembali dengan berdiskusi menentukan tema, apa yang dijual belajar cara promosi yang baik hias stan dan kostum yang dipakai promosi.
 
"Ini semua dirundingkan dan didiskusikan secara matang dan bersama-sama. Sebelum promo ke kelas lainnya, siswa belajar promosi terlebih dahulu di kelas masing-masing dengan bimbingan guru," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022