Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur, memfasilitasi para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di ajang balap sepeda "Suroboyo Race 2022" yang akan digelar di Sirkuit Gelora Bung Tomo (GBT) pada Minggu, 15 Mei 2022.

Kepala Bidang Olah Raga Dinas Kebudayaan, Dinas Kepemudaan dan Olah Raga serta Pariwisata (DKKORP) Surabaya Trio Wahyu Bowo di Surabaya, Sabtu, mengatakan, selain dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-729, "Suroboyo Race 2022" juga bagian dari pendukung program sport tourism atau wisata olahraga yang digaungkan oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

"Seiring digelarnya perlombaan balap sepeda nanti, kami juga menyediakan fasilitas untuk pelaku UMKM Surabaya yang tidak jauh dari area sirkuit," kata dia.

Menurut dia, nantinya UMKM binaan Pemkot Surabaya itu akan ditempatkan di sekitar area balapan Sirkuit GBT.

Sehingga, lanjut dia, ketika para pembalap itu membutuhkan minum atau makan, tidak perlu jauh-jauh untuk membeli.

Rencananya, kata Trio, perlombaan ini akan dibuka secara langsung oleh Wali Kota Eri Cahyadi.

Dia mengimbau kepada warga Surabaya maupun yang berada di luar kota untuk turut hadir dan bisa mendaftarkan diri memeriahkan Suroboyo Race ini.

"Kami harap warga menyambut antusias mendaftarkan diri dalam Suroboyo Race tahun ini. Untuk hadiahnya total ada Rp100 juta," ujar dia.

Adapun untuk peserta "Suroboyo Race 2022" dibagi menjadi beberapa kategori, di antaranya Men/Women Youth usia 16 tahun ke bawah, junior 17-18 tahun dan elite 19-30 tahun, Men yang terdiri dari Master A usia 31-40 tahun, Master B usia 41-50 tahun, Master C usia 51 tahun ke atas.

Sedangkan untuk kategori Mini Track, Fixie, dan Sepeda Lipat (Seli) bisa diikuti semua usia dan kategori bagi penghobi, di antaranya yaitu kategori Hobbies Men usia 31-40 tahun, Hobbies Men B usia 41-50 tahun dan Hobbies Men C usia 51 tahun. Untuk kategori Hobbies Women A usia 31-44 tahun dan kategori B usia 45 tahun ke atas. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022