Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melepas keberangkatan ratusan pemudik yang menggunakan jasa angkutan kapal feri dari Pelabuhan Jangkar Situbondo menuju Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, Madura, Rabu.

Dalam pelepasan keberangkatan kapal feri angkutan mudik Lebaran 2022 tersebut Gubernur Khofifah didampingi Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jatim, Bupati Situbondo Karna Suswandi, Kapolres Situbondo AKBP Andi Sinjaya, Dandim 0823 Letkol Inf Neggy Kuntagina, dan pejabat lainnya.

"Kami berharap, seperti Pak Kapolri bilang, mudik (tahun ini) yang aman dan sehat. Kalau saya menambahkan aman, sehat, lancar dan selamat," kata Gubernur Khofifah usai melepas keberangkatan kapal feri yang mengangkut pemudik di Pelabuhan Jangkar Situbondo.

Menurut Khofifah, untuk keselamatan pemudik yang menggunakan jasa kapal laut tentunya juga sudah dilakukan cek kelaikan armada kapal feri sebelum diberangkatkan oleh kesyahbandaran setempat.

"Saya rasa kawan-kawan (wartawan) bisa membedakan Pelabuhan Jangkar tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya. Sekarang di pelabuhan ini sudah dikembangkan menjadi dermaga gerak (movable bridge II) sehingga kendaraan (naik ke kapal) aman," tuturnya.
 
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa didampingi Bupati Karna Suswandi memberikan bingkisan kepada penumpang/pemudik kapal feri di Pelabuhan Jangkar Situbondo. Rabu (27/4/2022) (ANTARA/ Novi H)

Sementara itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi mengatakan kunjungan kerja Gubernur Khofifah ke Pelabuhan Jangkar dalam rangka meninjau arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Alhamdulillah persiapan arus mudik Lebaran di Pelabuhan Jangkar sudah berjalan dengan baik. Kami juga memfasilitasi berbagai hal, termasuk menyediakan layanan vaksinasi ketiga (booster) bagi pemudik di pelabuhan," katanya.

Dari pantauan, sebelum melepas keberangkatan kapal feri, Gubernur Khofifah memberikan bingkisan Lebaran kepada para pemudik. Gubernur juga mengecek fasilitas kapal feri rute Pelabuhan Jangkar Situbondo ke Pulau Raas itu. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022