Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur membuka sayembara desain ikon perempatan jalan di Babalayar, atau di depan City Plaza Sidoarjo yang nantinya akan digunakan sebagai salah satu ciri khas Kabupaten Sidarjo.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Bahrul Amig, Selasa mengatakan, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan instansi terkait termasuk Polresta Sidoarjo dan Kodim 0816 untuk membahas penataan ruang terbuka hijau (RTH).

"Betul, tahun ini akan ada pembangunan landmark atau ikon di perempatan Babalayar. Kemarin sudah kami rapatkan di Kantor DLHK," ujar Bahrul Amig.

Ia mengemukakan, pelibatan instansi kepolisian dan TNI tersebut merupakan bagian dari kerja kolaboratif bersama jajaran Forkopimda Sidoarjo dalam melakukan penataan kota.

“Rencana kapan akan dimulai pembangunan, tinggal menunggu desain jadi. Kami tunggu desainnya jadi, karena nanti akan disayembarakan dulu untuk desainnya. Pak Bupati yang mengumumkan nanti," katanya.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali mengatakan, perempatan Babalayar itu bagian dari jantung wajah Kota Sidoarjo. Meski tempatnya sangat strategis, selama ini ternyata belum mendapat sentuhan penataan kota.

"Perempatan ini ada di jantung Kota Sidoarjo. Harus menjadi oase arsitektural kota di tengah pesatnya aktivitas warga. Tidak seperti sekarang, kelihatan tak tersentuh sama sekali," ujarnya.

Muhdlor yang belum genap setahun dilantik menjadi bupati itu mengatakan, selama ini Sidoarjo memang masih minim tempat-tempat ikonik. Padahal tetenger kota, adalah elemen penting untuk membantu orang mengorientasikan diri di dalam kotanya. Selain itu, tentu saja untuk membantu orang mengenali suatu daerah.

“Nantinya di perempatan itu, penataannya dibuat terintegrasi. Artinya bukan hanya landmark baru, tetapi sekitarnya juga harus ditata. Juga harus semakin bersih,” katanya.

Desain ikon tersebut akan dilombakan oleh Pemkab Sidoarjo dan arsitek atau pegiat desain diperbolehkan ikut serta juri akan melibatkan sejumlah arsitek ternama.

“Yang jelas dalam waktu dekat karena sudah kami siapkan anggaran pembangunannya,” katanya. (*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022