Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, mendorong usaha budi daya ikan air payau dalam bentuk bantuan bibit ikan kepada kelompok usaha bersama (KUB) pembudi daya ikan air payau di wilayah itu melalui bantuan benih bandeng.

"Tahun ini ada empat kelompok tani yang kita bantu, sebagai stimulus bagi para pembudidaya ikan air payau, agar produksi ikan bisa semakin meningkat dalam memenuhi kebutuhan konsumsi ikan masyarakat Bangkalan," kata Kepala Dinas Dinas Perikanan Kabupaten Bangkalan Muhammad Zaini di Bangkalan, Rabu.

Benih ikan air payau yang disalurkan kepada empat KUB pembudi daya ikan itu merupakan ikan bandeng sebanyak 400 ribu ekor.

Menurut Zaini, bantuan bibit itu, dari Balai Perikanan Budi Daya Air Payau di Situbondo, Jawa Timur.

"Karena di sana merupakan pusat pengembangan budi daya ikan air payau, termasuk bibit ikan bandeng yang memang banyak dibudidaya oleh masyarakat," katanya.

Zaini menjelaskan, KUB pembudi dsya ikan yang penerima bantuan itu, semuanya merupakan KUB yang terletak di Kecamatan Klampis, Bangkalan.

Perinciannya di KUB Pokdakan Mandiri di Desa Tolbuk, sebanyak 75 ribu ekor dan KUB Pokdakan Barokah sebanyak 75 ribu ekor.

Berikutnya KUB Sumber Laut di Desa Ko'ol sebanyak 125 ribu ekor bibit ikan bandeng dan KUB Sumber Makmur di desa yang sama juga sebanyak 125 ribu ekor.

"Melalui bantuan bibit ini, kita berharap budi daya ikan di Kabupaten Bangkalan ini akan lebih meningkat, dan bisa memenuhi kebutuhan konsumsi ikan masyarakat Bangkalan," katanya.

Zaini menambahkan bantuan ini merupakan tindak lanjut atas evaluasi bantuan bibit ikan yang telah diberikan ke sebagian KUB yang sukses membudidayakan ikan air payau.

"Selain itu, melalui program bantuan bibit ikan ini, ekonomi masyarakat pembudi daya ikan air tawar bisa lebih baik. Apalagi, jenis ikan ini berpeluang untuk diekspor," katanya.

Selain memberikan bantuan bibit ikan, Pemkab Bangkalan juga memberikan penyuluhan secara intensif kepada para pembudi daya penerima bantuan bibit itu dengan menerjunkan tim penyuluh.

Kepala Dinas Perikanan Pemkab Bangkalan menjelaskan, selain untuk membantu ekonomi para petembak ikan, bantuan bibit itu juga dalam rangka mendukung program kampanye gemar makan ikan yang dicanangkan pemeritah pusat dan Provinsi Jawa Timur.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021