Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Timur M Sarmuji menginstrusikan kadernya yang duduk di kepengurusan maupun legislatif DPRD Kabupaten Jombang mencari solusi menangani banjir di daerah setempat.

"Kalau perlu undang tokoh masyarakat dan ahli teknik sipil untuk mendiskusikan jalan keluarnya, lalu hasilnya diserahkan ke Pemkab Jombang dan Pemprov Jatim," ujarnya kepada wartawan di Surabaya, Selasa.

Cak Sar, sapaan akrabnya, datang langsung ke Jombang untuk meninjau banjir sekaligus memanggil ketua DPD II Golkar serta anggota Fraksi DPRD Jombang untuk bersama-sama berupaya menanggulangi banjir.

"Sekali lagi, cari solusi permanen agar banjir tidak terjadi lagi," ucap politikus yang juga anggota Komisi XI DPR RI tersebut.

Di Jombang, ada tiga tempat yang menjadi perhatian bakti sosial pengurus Golkar, yaitu posko yang didirikan Golkar Jombang dan menyerahkan bantuan uang tunai Rp25 Juta untuk digunakan dalam kegiatan tanggap bencana.

Lalu ke Posko PAC NU Bandar Kedungmulyo dan menyerahkan barang kebutuhan sehari-hari, dan mendatangi lokasi pengungsian di sekitar Sungai Brantas.

Sejumlah bantuan yang diharapkan bisa meringankan beban masyarakat terdampak banjir di Kecamatan Bandar Kedungmulyo, seperti tandon air bersih 1.100 liter sebanyak 10 unit, bantal anak 200 biji serta paket sembilan bahan pokok.

Ikut mendampingi Sarmuji di antaranya Wakil Ketua Bidang Kebencanaan Erik Raginal Tahalele, Wakil Ketua Bidang MPO Meulila Osman, Wakil Sekretaris Syafullah Ma'sum beserta sejumlah pengurus DPD II Golkar Jombang.

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021