Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mencatat angka partisipasi pemilih pada Pilkada 9 Desember 2020 mencapai 77,21 persen, dari total 493.441 orang warga yang masuk daftar pemilih tetap.

Dari angka 77,21 persen partisipasi pemilih hadir ke tempat pemungutan suara (TPS) ini melebihi target KPU SItubondo sebesar 75 persen, tetapi sedikit di bawah target partisipasi pemilih nasional sebesar 77,5 persen.

"Partisipasi masyarakat hadir ke TPS pada Pilkada 2020 ini benar-benar kami tidak menyangka, karena perkiraan kami partisipasi pemilih turun mengingat ada pandemi dan hujan merata pada hari pencoblosan," kata anggota KPU Situbondo Divisi Sosialisasi, Parmas dan SDM Imam Nawawi di Situbondo, Selasa.

Baca juga: Pilkada Situbondo: Pendukung paslon Karunia cukur gundul
Baca juga: Cabup Karna Suswandi ajak masyarakat Situbondo kembali bersatu

Ia menyebutkan jumlah pemilih yang memberikan hak konstitusinya pada Pilkada Situbondo mencapai 382.944 orang (77,21 persen), dari jumlah DPT sebanyak 493.441 orang.

Menurut Imam, KPU Situbondo sempat pesimistis jumlah kehadiran masyarakat ke TPS akan tinggi karena pada hari pencoblosan hujan sejak pagi hingga siang mengguyur dan merata di wilayah Situbondo.

"Ini sangat luar biasa dan di luar prediksi kami. Jadi, target partisipasi pemilih di Situbondo sebenarnya 75 persen, tapi ini ternyata mencapai 77,21 persen," ucapnya.

Baca juga: Pilkada Situbondo: Cabup Yoyok Mulyadi ucapkan selamat kepada paslon "Karunia"

Pilkada Situbondo diikuti dua pasangan calon, yakni pasalon 01 Karna Suswandi-NYai Khoirani dan paslon 02 Yoyok Mulyadi-Abu Bakar Abdi.

Penghitungan suara riil Pilkada Kabupaten Situbondo melalui Sistem Rekapitulasi Suara atau Sirekap KPU sudsh mencapai 95 persen atau sebanyak 1.237 dari 1.305 tempat pemungutan suara (TPS).

Dari data Sirekap per Selasa, untuk sementara pasangan Karna Suswandi-Nyai Khoirani (Karunia) unggul dengan raihan 190.129 suara (53 persen), sedangkan pasangan Yoyok Mulyadi-Abu Bakar Abdi memperoleh 168.559 suara (47 persen).

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020