Wali Kota Madiun Maidi mengajak kaum remaja di Kota Madiun, Jawa Timur untuk terlibat secara aktif dalam kegiatan pencegahan penyebaran COVID-19 di dalam keluarga dan lingkungan sekitarnya.

"Kaum remaja bisa jadi ujung tombak dalam pencegahan penyebaran virus corona yang masih ada di sekitar kita. Baik di kalangan keluarganya maupun lingkungan tempat tinggal," ujar Wali Kota Maidi dalam kegiatan Bhakti Duta Generasi Berencana (GenRe) di Taman Lalu Lintas Bantaran Kota Madiun, Minggu (30/8/2020).

Tak hanya mencegah penyebaran COVID-19, kaum remaja juga bisa memainkan peran penting dalam pengelolaan dan pemulihan setelah wabah pandemi COVID-19.

Guna mewujudkan peran tersebut, Wali Kota Maidi telah menobatkan para Insan GenRe di Kota Maiun sebagai Pendekar Waras, yakni Penegak Disiplin Protokol Kesehatan Tangkal Corona Virus warga Sehat.

"Jadi insan GenRe di kota Madiun sekarang menjadi Pendekar Waras," jelas Wali kota Maidi.

Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes dan KB) Kota Madiun Agung Sulistya Wardani mengatakan kegiatan Bhakti Duta GenRe digelar oleh Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur dalam rangka memperingati Hari Remaja Internasional yang diperingati setiap tanggal 12 Agustus, sekaligus sosialisasi program Bangga Kencana yang digelar di delapan kota/kabupeten. Yakni, Magetan, Ngawi, Kota Madiun, Pamekasan, Lumajang, Ponorogo, Blitar, dan Bojonegoro.

"Hari Remaja Internasional diperingati setiap 12 Agustus dan tahun ini mengambil tema Keterlibatan Remaja untuk Aksi dunia. Kegiatan besar tersebut di antaranya adalah Bhakti Saka Kencana, Bhakti Duta GenRe, dan Promosi GenRe. Kami mengapresiasi kepada Perwakilan BKKBN Jatim yang mengambil tempat Kota Madiun sebagai salah satu lokasi kegiatan Aksi Genre Jatim," kata Wardani.

Menurutnya, insan GenRe harus berbagi guna mempersiapkan diri dengan baik. Diharapkan ajang ini bisa menyalurkan semangat dan kreativitas Insan GenRe, serta kepedulian kepada keluarga kurang mampu.

"Jangan segan-segan memberikan ilmu kepada remaja sekitar sehingga dapat menyiapkan masa depan yang baik dan berkualitas. Dan dalam pandemi ini, remaja juga harus mengambil peran untuk mengedukasi masyarakat terkait bahayanya corona dan penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19," katanya.
 
Kegiatan Bhakti Duta Generasi Berencana (GenRe) di Taman Lalu Lintas Bantaran Kota Madiun, Minggu (30/8/2020). (Istimewa)

Sementara, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur Sukaryo Teguh Santoso menyatakan kaum remaja Indonesia diharapkan dapat menjadi generasi yang sehat dan berkualitas. 

BKKBN mempunyai program Bangga Kencana yang di dalamnya termuat program GenRe untuk menjadikan remaja berkualitas, serta program Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) sehingga remaja bisa merencanakan kehidupannya.

"Jadi sangat penting para remaja memahami program Bangga Kencana agar siap menghadapi masa depan dan memasuki jenjang pernikahan. Dan di masa pandemi ini melalui insan GenRe, upaya pencegahan penyebaran COVID-19 terus digalakkan di seluruh wilayah Jawa Timur," ungkap Teguh Santoso.

Ia menyatakan kegiatan Bhakti Duta GenRe kali ini merupakan rangkaian kegiatan Aksi Genre dan Bhakti Saka Kencana yang dilakukan di 40 titik dari delapan kabupaten/kota di Jatim. Pihaknya sangat berbangga karena Pemerintah Kota Madiun menyambut baik kegiatan aksi sosial tersebut.

"Kegiatan ini bisa menyentuh langsung kepada para keluarga. Terlebih di masa pandemi COVID-19, kehadiran dan perhatian pemerintah turun ke masyarakat secara langsung sangat dirindukan," katanya.

Kegiatan Bhakti Duta GenRe tersebut diisi dengan acara "talkshow", hiburan, dan penyerahan bantuan berupa tempat cuci tangan, alat pengukur suhu badan digital, dan penyerahan hadiah lomba promosi Bina Keluarga Balita (BKB) berbasis IT juara 3 kepada BKB Asri Kelurahan Banjar Rejo, Kecamatan Taman, Kota Madiun.

Dalam kesempatan itu, insan GenRe juga melakukan pembagian sembako, masker, dan "leaflet" BKKBN kepada 275 keluarga pra-sejahtera, dan keluarga sejahtera 1.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur Sukaryo Teguh Santoso, Wali Kota Madiun Maidi, Ketua TP PKK Kota Madiun Yuni Setyawati Maidi, Direktur RSUD Kota Madiun dr Agus Nurwahyudi, Sp.S, Kepala Dinas Kesehatan dan KB Kota Madiun dr Agung Sulistya Wardani, Kabid Pemerintahan Bakorwil Madiun Syamsul Hady, jajaran BKKBN Jatim dan Pemkot Madiun, serta para Duta GenRe.

Setelah kegiatan tersebut, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur Sukaryo Teguh Santoso beserta duta GenRe dan rombongan mendatangi Poktan BKL Kelurahan Kelun, Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun guna meninjau perwakilan kader KB di Kota Madiun sudah akrab dengan IT. (*)


 

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020