Empat pasien baru positif COVID-19 di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, menjalani isolasi mandiri karena kondisinya sehat dan tidak mengalami keluhan sakit.

"Saat ini kondisi dari keempat pasien yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona tersebut baik dan sudah melakukan karantina mandiri di rumahnya masing-masing," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang dr Bayu Wibowo Ignasius dalam rilis yang diterima ANTARA di Lumajang, Rabu.

Menurutnya, jumlah pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Lumajang bertambah empat orang, dari sebelumnya 27 orang menjadi 31 orang yang tersebar di beberapa kecamatan.

"Penambahan empat orang pasien positif tersebut berasal dari Kecamatan Gucialit sebanyak satu orang, Kecamatan Tekung dua orang, dan Kecamatan Jatiroto satu orang," tuturnya.

Bayu mengimbau masyarakat yang berada di sekitar pasien positif COVID-19 memberikan dukungan penuh kepada pasien yang melakukan karantina mandiri di rumah dan tidak memberikan stigma negatif.

"Dukungan masyarakat sangat berarti bagi kesembuhan pasien COVID-19, sehingga diharapkan solidaritas masyarakat untuk membantu pasien corona juga tinggi," katanya.

Berdasarkan data sebaran COVID-19 di Lumajang, tercatat jumlah pasien positif sebanyak 31 orang, pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 73 orang, dan orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 344 orang.

"Dari data tersebut, 31 orang yang terkonfirmasi positif, enam orang di antaranya sudah dinyatakan sembuh setelah dua kali hasil swabnya negatif," ujarnya.

Ia mengimbau masyarakat Lumajang agar mematuhi protokol COVID-19 dengan rajin mencuci tangan, menggunakan masker yang benar, tidak keluar rumah jika tidak ada kepentingan mendesak, dan menghindari keramaian orang dengan social dan physical distancing.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020