Bencana puting beliung menerjang dua kecamatan di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Kamis, dan menyebabkan rumah warga di daerah itu yang terdampak mengalami kerusakan.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep Abd Rachman Riadi, dua kecamatan yang diterjang puting beliung itu, masing-masing Kecamatan Guluk-Guluk dan Ganding.

"Yang terparah di Kecamatan Ganding, karena menyebabkan rumah warga rusak, sedangkan di Kecamatan Guluk-guluk hanya merobohkan pepohonan dan tidak mengenai rumah warga," katanya.

Baca juga: Belasan bangunan di Sampang rusak diterjang angin kencang

Ia menjelaskan, berdasarkan laporan sementara yang disampaikan petugas di lapangan, terdapat enam rumah warga yang rusak di Desa Ketawang Daleman, Kecamatan Ganding.

"Tapi ini masih sementara, karena hingga malam ini petugas kami masih di lapangan," katanya, menjelaskan.

Baca juga: Angin kencang landa Pamekasan

Menurut Rachman, bencana angin puting beliung di dua kecamatan itu, terjadi sekitar pukul 11.50 WIB, dan laporan yang disampaikan masyarakat ke BPBD Pemkab Sumenep baru diterima pada sore hari.

"Kalau laporan korban jiwa tidak ada, dan semoga semuanya selamat. Ya hanya rumah ini saja," kata Readi, menjelaskan.

Kepala BPBD Pemkab Sumenep Abd Rachman Readi menjelaskan, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan distribusi bantuan kepada warga yang tertimba musibah bencana angin puting beliung itu, berupa bantuan sembako dan terpal, terutama bagi warga yang rumahnya rusak parah.
 

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019