Kepala Kepolisian Resor Sidoarjo, Jawa Timur, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho mengatakan jika pihaknya memberikan pengamanan secara humanis kepada sekelompok mahasiswa yang melakukan demo di depan Gedung DPRD Kabupaten Sidoarjo, Rabu.

"Upaya pengamanan demonstrasi mahasiswa hari ini, kami mengedepankan upaya pengamanan yang humanis, bahkan seluruh personel kami tidak dilengkapi dengan senjata api," katanya di Sidoarjo.

Kapolresta juga berpesan kepada para mahasiswa supaya saat turun ke jalan dilakukan dengan aman dan damai.

"Silakan sampaikan aspirasi dengan tertib, dan tidak mengganggu kenyamanan orang lain," ucapnya.

Beberapa hari sebelumnya, Kapolresta Sidoarjo juga telah melakukan pendekatan dan komunikasi dengan pihak kampus untuk bersama-sama saling menjaga kondusifitas kamtibmas di wilayah Kabupaten Sidoarjo.

"Bahkan banyak juga poster ajakan-ajakan demonstrasi turun ke jalan kepada para maahasiswa," ujarnya.

Dalam pengamanan demonstrasi mahasiswa, Polresta Sidoarjo menurunkan sebanyak 300 personel di dukung personel TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan beberapa organisasi masyarakat di Sidoarjo.

"Hal itu dalam rangka pengamanan demonstrasi mahasiswa menyikapi RUU KPK dan RUU KUHP di Sidoarjo," katanya.

Dalam aksinya, elemen mahasiwa yang mengatasnamakan dirinya Solidaritas Masyarakat Sidoarjo itu berorasi secara bergantian di atas mobil komando.

Para mahasiswa ini menilai jika RKUHP yang memberangus hak kebebasan berpendapat dan menyampaikan pendapat di muka umum, termasuk hak kebebasan pers, hak-hak kaum perempuan, memidanakan ana-kanak terlantar dan gelandangan.

"Selain itu, UU KPK yang memperlemah agenda penindakan kasus korupsi telah disahkan (18/9) setelah melewati pembahasan hanya dalam waktu 13 hari dan tanpa Prolegnas terlebih dahulu," papar M Faisal salah satu koordinator aksi mahasiwa.

Demo akhirnya bubar setelah Ketua DPRD Sidoarjo, Usman menemui demonstran dan berjanji akan membantu meneruskan aspirasi yang dilakukan oleh pendemo.

"Kami akan meneruskan aspirasi kawan-kawan," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019