Pemerintah Kota Mojokerto mengapreasi kegiatan kirab Prasetya Merah Putih yang digelar kepolisian setempat untuk menyambut HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, Sabtu.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menyambut baik kirab bendera merah putih sepanjang 740 meter ini yang dibentangkan melintasi wilayah Kota dan Kabupaten Mojokerto dengan semangat nasionalisme dan kebhinekaan itu.

Ning Ita menyatakan kirab Prasetya Merah Putih yang digagas Polresta Mojokerto sebuah bentuk sinergitas dari seluruh elemen masyarakat yang bisa menjadi contoh.

"Khususnya bagi generasi muda menuju kesuksesan. Melalui sinergitas, kerukunan, gotong royong dan kebersamaan seperti ini, merupakan wujud Bhineka Tunggal Ika di Kota, Kabupaten atau Mojokerto Raya, yang patut dicontoh," katanya.

Kapolresta Mojokerto AKBP Sigit Dany Setiyono selepas acara kirab Prasetya Merah Putih mengatakan acara kirab yang diikuti sedikitnya 2.000 orang dari berbagai elemen masyarakat.

"Jika tahun lalu, kami membentangkan bendera sepanjang 300 meter, maka tahun ini 740 meter. Sebagai implementasi dari usia Indonesia ke-74 tahun," katanya.

Dengan adanya kirab Prasetya Merah Putih ini Sigit berharap, masyarakat Indonesia mampu menjaga kecintaan dan kebanggaan tanah air, terutama generasi muda.

"Kita bisa meningkatkan persatuan dan kesatuan dalam kebhinekaan, sekaligus semangat membangun kemerdekaan," ujarnya.

Perlu diketahui, kegiatan kirab Prasetya Merah Putih yang mengambil titik start di kantor Pemkot Mojokerto Jalan Gajah Mada, Kota Mojokerto, kemudian berjalan menyusuri jalan Gajah Mada menuju Jembatan Gajah Mada.

Setelah itu, perjalanan dilanjutkan menuju Taman Brantas Indah (TBI) di Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto. 

Sesampainya di lokasi titik finish, para peserta yang membentangkan bendera merah putih kemudian membentuk formasi angka 74.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan melarung sesaji ke sungai Brantas oleh Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari dengan didampingi, Kapolresta Mojokerto AKBP Sigit Dany Setiyono, Dandim 0815 Mojokerto Letkol Kav Hermawan Weharima, Forkopimda dan Pasukan Elit Majapahit serta ditutup dengan nyanyian lagu Indonesia Raya, Pusaka dan janji Prasetya Merah Putih.

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019