Surabaya (Antaranews Jatim) - Generasi Muda Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra-Putri TNI/Polri (GM FKPPI) Jawa Timur mengapresiasi pelaksanaan Rapim TNI-Polri 2019 yang diselenggarakan di Istana Negara pada Selasa (29/1).

“Ini wujud pelaksanaan nyata politik negara ajaran Panglima Besar Jenderal Sudirman,” ujar ketua GM FKPPI Jatim Agoes Soerjanto kepada wartawan di Surabaya, Kamis.

Menurut dia, Panglima Besar Jenderal Sudirman telah mengajarkan bahwa politik tentara adalah politik negara dan loyalitas tentara merupakan loyalitas untuk kepentingan negara.

Panglima TNI, Kapolri dan seluruh jajaran jenderal purnawirawan, kata dia, telah memberikan contoh nyata.

Ia juga memuji Panglima TNI dan Kapolri yang mengangkat tema soliditas dan netralitas dalam rapim karena menciptakan suasana kondusif sehingga semua pihak bisa tenang dalam menyambut Pemilu 2019.

Sementara itu, Sekretaris GM FKPPI Jatim Didik Prasetiyono menilai peran strategis Rapim TNI/Polri 2019 sebagai momentum yang dikirim ke publik bahwa boleh saja situasi politik dinamis.

Tetapi, lanjut dia, situasi pertahanan dan keamanan (hankam) tetap kondusif dan perekonomian tidak terganggu.

“Pesan yang dikirimbterbaca jelas oleh publik bahwa TNI/Polri solid dan seolah berkata bahwa jangan macam-macam di Indonesia. Hal ini harus segera diikuti di tingkat provinsi dan kabupaten/kota,” katanya. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019