Malang (Antaranews Jatim) - Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Budi Utomo atau "IBU" Malang membidik gelar juara pada kejuaraan bola tangan memperebutkan Piala Rektor Universitas Negeri Surabaya (Unesa) III di GOR Unesa pada 22-25 Oktober 2018.
      
Rektor IKIP BU Malang Dr Nurcholis Sunuyeko di Malang, Sabtu, mengatakan, tim bola tangan kampusnya terus mematangkan persiapan untuk melakoni kejuaraan tersebut.
      
"Persiapan tim kami dalam kejuaraan ini sangat mepet, karena usai mengikuti kejurda belum lama ini, para pemain langsung mempersiapkan diri untuk kejuaraan Rektor Unesa Handball Championship III di Surabaya," kata Nurcholis, didampingi Wakil Rektor III IBU Malang Ali Badar dan pelatih tim bola tangan Hari Pamungkas.
       
Nurcholis mengatakan, sejatinya tim asuhannya itu tidak memasang target muluk-muluk, hanya menargetkan masuk semifinal.
       
"Memang soal target kami tidak muluk-muluk, apalagi tim kami juga masih baru dibentuk. Namun, kami akan menunjukkan permainan dan prestasi terbaik untuk IBU dengan memboyong Piala Rektor Unesa," paparnya.
        
Selain merupakan tim baru, lanjutnya, lawan yang akan dihadapi bagus-bagus, apalagi pesertanya dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia.

Namun, ada tiga tim yang diakui merupakan lawan terberat, di antaranya Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung dan tuan rumah Unesa.
       
Namun demikian, kata Nurcholis, tim bola tangan yang berkekuatan sebanyak 14 pemain itu sedikit punya modal. Sebab, tim bola tangan IBU yang dibentuk lima bulan lalu itu sudah mampu menorehkan prestasi di Kejurda Jawa Timur yang digelar pada 11-14 Oktober 2018 di Lapangan Nisrina Made Surabaya.
      
Tim bola tangan IBU Malang berhasil meraih harapan III. Keberhasilan itu diyakini  mampu menambah kepercayaan diri tim bola tangan kampus tersebut.

materi tim bola tangan IBU rata-rata atlet dari jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR).
      
Nurcholis berharap pelatih bola tangan Hari Pamungkas yang juga alumni IBU tahun 2010 ini mampu memotivasi para pemain untuk bermain dengan baik.

"Teknik dan strategi yang diterapkan diharapkan jitu, sehingga tim bola tangan IBU Malang bisa mengukir prestasi terbaiknya," ucapnya.
       
Sesuai jadwal, kejuaraan bola tangan itu akan digelar di GOR Unesa Surabaya pada 22-25 Oktober 2018.
      
Sebelumnya, sejumlah prestasi tingkat regional maupun nasional ditorehkan mahasiswa-mahasiswi IKIP Budi Utomo Malang, di antaranya juara nasional pencak silat dan peraih medali voli pantai di ajang Asian Games 2018.(*)

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018