Surabaya  (Antaranews Jatim) - Komunitas "Bengkel Sastra" yang diinisiasi oleh seniman Bengkel Muda Surabaya mengagendakan pentas bertajuk "Malam Penyair Madura", yang dijadwalkan berlangsung di selasar Gedung Balai Pemuda, Jalan Gubernur Suryo 15 Surabaya, Jawa Timur, Rabu malam, 17 Oktober.

"Bengkel Sastra adalah kegiatan rutin yang selalu kami gelar sebulan sekali di lingkungan Balai Pemuda Surabaya. Biasanya kegiatan ini diisi oleh penyair-penyair lokal asal Kota Surabaya dan sekitarnya," ujar koordinator kegiatan Bengkel Sastra Ribut Wijoto, saat dikonfirmasi di Surabaya, Selasa petang.

Dia mengungkapkan, khusus untuk kegiatan Bengkel Sastra di bulan Oktober ini, pihaknya kedatangan tamu para penyair dari Pulau Madura, Jawa Timur. Maka jadilah pentas Bengkel Sastra bulan ini bertajuk "Malam Penyair Madura".

"Para penyair dari Pulau Madura ini datang untuk bersilaturahmi dengan seniman-seniman di Surabaya. Maka sekaligus kami fasilitasi untuk tampil di acara Bengkel Sastra pada Rabu malam, 17 Oktober besok, untuk membacakan karya-karya puisinya," ujarnya.

Ribut menilai selama ini kesusastraan berkembang dengan baik di tengah kultur pesantren masyarakat Pulau Madura. Setiap generasi melahirkan banyak penyair yang karya-karyanya kerap mengisi lembaran halaman sastra di koran-koran lokal maupun nasional.

Dia menyebut sekitar 25 nama penyair asal Pulau Madura yang akan tampil di pentas Bengkel Sastra besok malam, di antaranya adalah Syaf Anton Wr, Hidayat Raharja, M Fauzi, Umar Fauzi Ballah dan Helmy Prasetya. (*)

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018