Sumenep (Antaranews-Jatim) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Pulau Madura, Sabtu, mulai mendistribusikan logistik Pilkada Jawa Timur 2018 ke panitia pemilihan kecamatan (PPK) di sejumlah kecamatan di wilayah daratan.

"Pada Sabtu ini merupakan distribusi perdana logistik Pilkada Jatim ke wilayah daratan. Sebelumnya kami sudah distribusikan logistik ke PPK di sejumlah kecamatan di wilayah kepulauan," kata Ketua KPU Sumenep, A Warits di Sumenep, Sabtu malam.

PPK di wilayah daratan yang telah menerima kiriman logistik Pilkada Jatim pada Sabtu ini adalah Pasongsongan, Gapura, Guluk Guluk, Dungkek, Ganding, dan Pragaan.

Selain itu, KPU Sumenep juga mendistribusikan logistik Pilkada Jatim ke PPK di satu kecamatan kepulauan, yakni Giligenting.

Sebelumnya, KPU Sumenep telah mengirimkan logistik Pilkada Jatim ke PPK di sejumlah wilayah kepulauan, yakni Kangayan, Arjasa, Sapeken, Masalembu, Gayam, dan Raas.

"Sesuai prosedur, setiap distribusi logistik yang kami lakukan itu dikawal oleh polisi dan diawasi oleh panitia pengawas pemilu (panwaslu)," kata Warits, menerangkan.

Sumenep terdiri atas 27 kecamatan dan sembilan di antaranya berada di wilayah kepulauan.

KPU Sumenep menjadwalkan lebih awal distribusi logistik ke PPK di wilayah kepulauan, utamanya kepulauan jauh seperti Kangayan, Arjasa, Sapeken, dan Masalembu, karena jadwal pemberangkatan kapal/perahu ke pulau-pulau tersebut tidak setiap hari.

Pilkada Jatim 2018 yang akan digelar pada 27 Juni itu diikuti oleh dua pasang calon gubernur-wakil gubernur, yakni Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak di nomor urut 1 dan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno di nomor urut 2. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018